IBC, JAKARTA – Para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa daratan yang terendam, yang dinamai Zelandia , adalah benua sendiri pada tahun 2017. Tetapi mereka belum dapat memetakan luasnya sampai sekarang.

Akhirnya beberapa waktu yang lalu, para peneliti dari GNS Science di Selandia Baru mengumumkan bahwa mereka telah memetakan bentuk dan ukuran benua dengan sangat detail. Mereka meletakkan peta mereka di situs web interaktif sehingga pengguna bisa menjelajahi benua.

“Kami telah membuat peta-peta ini untuk memberikan gambaran yang akurat, lengkap, dan terkini tentang geologi Selandia Baru dan wilayah Pasifik Barat Daya lebih baik dari yang kami miliki sebelumnya,” Nick Mortimer, yang memimpin pekerjaan itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Mortimer dan rekan-rekannya memetakan batimetri di sekitar Zelandia – bentuk dan kedalaman dasar lautan serta profil tektoniknya, menunjukkan di mana Zelandia jatuh melintasi batas lempeng tektonik.

Peta-peta itu mengungkap informasi baru tentang bagaimana Zelandia terbentuk sebelum tenggelam di bawah air jutaan tahun yang lalu.

Benua bawah laut hampir 2 juta mil persegi

Wilayah Zealandia hampir 2 juta mil persegi (5 juta kilometer persegi) atau sekitar setengah ukuran Australia.

Selanjutnya >>>