IBC, BIMA – Tim Pendamping Desa (PD), Kecamatan Wera Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), telah melaporkan kepada Kementerian Desa Tertinggal untuk program Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Pelaporan ini sebagai bentuk verifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) yang adalah alat bantu Teknokrasi pengukuran perkembangan Status Kemandirian Desa (SKD).

Saifulah selaku Pendamping Desa Kecamatan Wera, menyatakan bahwa mereka telah melakukan verifikasi data analisa sesuai prosedur yang telah di tetapkan.

“Melalui analisa dan nilai komposit seluruh nilai skoring masing-masing indikator terpilih berdasarkan konsep kebijakan pembangunan yang ditetapkan serta otoritas kewenangan, tugas dan fungsi Kementerian Desa,” ungkapnya saat diwawancarai IBC Biro Bima, Senin (20/7/2020).

Dirinya menjelaskan penyusuan IDM agar bisa digunakan sebagai basis data pembangunan desa.

“Tujuan khusus penyusunan Indeks Desa Membangun adalah agar bisa digunakan sebagai basis data (base line) pembangunan desa yang menjadi dasar dalam menilai kemajuan dan kemandirian desa,” jelas Saifulah.

Selanjutnya Saifulah menambahkan ini merupakan salah satu input dalam perumusan isu-isu strategis dan permasalahan utama yang terkait dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Selanjutnya >>>