IBC, TARAKAN – Meski di masa pandemi corona virus disease (COVID-19) sejumlah perguruan tinggi masih tetap menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) salah satunya yakni Universitas Borneo Tarakan (UBT), namun ada yang unik di kegiatan KKN kali ini.

Kegiatan rutinitas tahunan sebagai ajang pengabdian diri kepada masyarakat dilaksanakan mahasiswa secara mandiri dengan mengikutinya protokol kesehatan dan membuat kegiatan unik untuk mengedukasi masyarakat agar terhindar dari covid-19.

Deo Pangihutan Sitohang misalnya, disela-sela kegiatan prokernya berlangsung mengatakan KKN tahun ini memang cukup berbeda dari KKN sebelumnya,

“Mahasiswa UBT hanya boleh melakukan program kerja di sekitar tempat tinggalnya,” katanya kepada IBC Biro Kaltara saat melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, Senin (20/7/2020).

Salah satu mahasiswa UBT yang KKN saat melakukan penyemprotan disinfektan, Senin (20/7/2020). Foto : GKS/IBC

Lanjut pria yang kerap disapa Pangi ini menututurkan kendati dengan keterbatasan tersebut tentu tidak menyurutkan semangat mahasiswa UBT dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. 

“Pastinya tetap semangat, iya memang sangat jauh berbeda dengan KKN sebelumnya, namun mahasiswa sebagai social control tentu harus aware terhadap kondisi saat ini, dimana menurut saya Universitas Borneo sudah tepat dalam mengambil kebijakan seperti ini, membuat KKN Mandiri diwilayah tempat tinggal masing-masing mahasiswa,” tuturnya.

Selanjutnya >>>