IBC, TALIABU – Gelombang sektor perekomian di Pasar Rakyat di Ibukota Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, semakin hari kian meningkat, baik dari para pedagang (produsen – red) maupun pembeli (konsumen – red).

Pantaun media di lokasi Pasar Rakyat Ibukota Bobong pada Rabu (22/7/2020) sore, kegiatan aktivitas perekonomian terkait transaksi jual beli sangat beragam oleh pembeli yang terlihat silih berganti mengunjungi Pasar Rakyat tersebut.

Perlu diketahui, memuncaknya aktivitas Pasar Rakyat di Kota Bobong, sejak diresmikan oleh Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus dan Wakil Bupati Pulau Taliabu, Ramli, pada Tahun 2018, dengan harapan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Taliabu.

Memasuki pertengahan tahun 2020, harapan tersebut telah terjawab, Pasar yang terletak di Kota Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, sudah menampilkan perkembangannya secara pesat. baik dari segi meningkatnya jumlah pedagang sebagai dorongan ekonomi rakyat, hingga variasi jenis barang yang didagangkan.

Berdasarkan data yang dihimpun, pada tahun 2017 baru terdapat 34 pedagang, namun dipertengahan 2020 telah mencapai sekitar 118 pedagang, di sertai jenis barang dagang yang sudah bervariasi, seperti BARITO (bawang, rica, tomat), ditambah dengan Ikan, Sayur, Sembako dan Pakaian.

Dengan bertambahnya para pelaku usaha, tentu dapat memberikan kontribusi kepada daerah melalui retribusi. Oleh karena itu, dorongan Instansi terkait sangat diperlukan untuk meningkatkan daya usaha dan saing seperti di awal visi-misi Bupati dan Wabup Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara.

Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindakop), melalui Kepala Bidang Perdagangan dan Perindustrian, Jayadi, mengakui terjadi peningkatan para penjual dari tahun ke tahun di Pasar Rakyat Kota Bobong.

Selanjutnya >>>