IBC, JAKARTA – Seperti dilansir detik.com, Selasa 15 September 2020 dari saluran Youtube POINT, bahwa Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok buka aib manajemen Pertamina, Ahok menyebut ada direksi yang hobinya lobi menteri.

“Dia ganti direktur pun bisa, tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian,” ungkap mantan Bupati Belitung ini.

Menurut Ahok, untuk mengatasi hal tersebut ia memiliki cara, yakni salah satunya melalui lelang terbuka. Ahok akan memotong jalur birokrasi.

“Saya potong jalur birokrasi, Pertamina itu dulu naik pangkat mesti pakai kayak pangkat, Pertamina refference level orang mesti kerja sampai SVP bisa 20 tahun ke atas, saya potong semua, mesti lelang terbuka,” tegasnya.

Selain itu Ahok juga membuka persoalan lainnya di perusahaan plat merah tersebut, terkait adanya manipulasi penghasilan (gaji). Menurut Ahok, pejabat direktur yang sudah tidak menjabat lagi masih memiliki gaji sebesar Rp 100 juta, seharusnya kata mantan suami Veronica ini, “masa dicopot dari jabatan gajinya masih sama,” pungkasnya.

Penulis : ZK|DB