IBC, JAKARTA – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri, Komjen Pol Sigit Listyo Purnomo dalam webinar yang digelar Selasa 15 September 2020 meminta jajarannya untuk menindak tegas bagi pelanggar protokol kesehatan, khususnya setiap tahapan pilkada.

Dikatakan mantan Dirkrimum Polda Sultra ini meminta kepada jajarannya, untuk memahami pedoman seluruh peraturan Protokol Kesehatan pada setiap tahapan pemilihan. Berikut juga karakteristik kerawanan atau pelanggaran berpotensi terjadi.

Demikian juga ujar Sigit, terhadap pelanggar Protokol Kesehatan agar penyidik cermat dan teliti menentukan jenis pelanggaran administrasi, pidana pemilihan atau pidana umum.

“Apabila penyelenggaraan pemilihan tidak melaksanakan protokol kesehatan, Polri dapat melakukan tindakan penegakan hukum dengan sanksi yang tegas,” ucapnya.

Selain itu juga Sigit menegaskan kepada para penyidik untuk patuh kepada Protokol Kesehatan, saat melakukan penegakan hukum. Sigit juga meminta kepada para Direktur dan Kasat Reskrim untuk selalu berkoordinasi dengan pengadilan setempat dalam menentukan hukuman bagi pelanggar protokol kesehatan. Termasuk mempersiapkan strategi khusus dalam proses penyidikan tindak pidana Pilkada.

Penulis : ZK|FDR