IBC, BOGOR – Komite Penggerak Nawacita (KPN) bersama PT. Pupuk Kujang Cikampek kembali melakukan koordinasi bersama
Koordinator Penyuluh Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) II Kabupaten Bogor yang meliputi wilayah kerja Kecamatan Jasinga, Kecamatan Cigudeg dan Kecamatan Sukajaya.

Pertemuan tersebut untuk menggali informasi mengenai potensi pertanian di wilayah tersebut dan juga persiapan penanaman Jahe merah di Kebun KPN Jasinga.

Koordinator BPP II Kabupaten Bogor Dayat S,P menyambut baik kebun KPN yang bersinergi dengan BUMN (Pupuk Kujang) dengan program budidaya pertanian unggul berbasis komoditi yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan bimbingan teknis kepada para petani disekitar kebun KPN.

Dengan adanya program ini, ia berharap nantinya akan mendorong petani sekitar mengubah pola pertanian yang tadinya hanya untuk konsumsi seadanya menjadi pertanian yang bersifat komersil sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani sekitar.

Menurutnya pola pertanian masyarakat daerah tersebut pada umumnya adalah masih bersifat pertanian konsumtif, hanya sebagian kecil yang sudah melakukan pola pertanian untuk komersil.

Senada dengan itu, Cecep Suhendra selaku perwakilan Kelompok Tani Muda Jasinga Maju berharap bahwa program Kebun KPN bersama Pupuk Kujang nantinya bisa berhasil, sehingga dapat menciptakan peluang-peluang baru terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat, khususnya menciptakan ketertarikan bagi pemuda untuk memajukan sektor pertanian.

Melihat dari sebaran wilayah di 3 kecamatan ini, yang terdiri dari 200 kelompok tani, daerah ini masih menyimpan potensi yang besar untuk pengembangan tanaman pertanian berbasis komoditi yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti tanaman jahe merah.

Sementara itu perwakilan KPN Dhany Hasibuan berharap dengan program kebun KPN ini akan menggaungkan pada petani sekitar bahwa sektor pertanian adalah sektor yang bisa menghasilkan keuntungan tinggi jika bisa melihat potensi pasar dan melakukan pola budidaya yang benar.

Penulis : AI|DB