IBC, BIMA – Terkait dengan persoalan Pergantian Antar Waktu (PAW) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pai masih menuai persoalan akibat dari Kepala Desa yang tidak mau memberikan surat rekomendasi tindak lanjut dari hasil rapat pleno BPD per-tanggal 20 Juli 2020.

“Kami dari lembaga BPD telah memberikan berita acara surat pengunduran diri dan sekaligus merekomendasikan PAW BPD terpilih dari hasil kesepakatan dan yang disetujui oleh seluruh anggota BPD pada saat rapat pleno tanggal 20 juli 2020,” kata Ketua BPD Pai Buhari A Majid ke0ada IBC Biro Bima di kediamannya, Kamis (24/9/2020).

Buhari menjelaskan hasil berita acara surat pengunduran diri telah disepakati dan sudah diserahkan kepada Kepala Desa.

“Hasil dari berita acara surat pengunduran diri yang telah disepakati telah kami serahkan kepada Kepala Desa pada tanggal 27 Juli 2020,” jelasnya.

Dirinya menyatakan surat yang kami ajukan tidak direspon setelah tujuh hari diterima.

“Setelah 7 hari surat yang kami ajukan tidak direspon baik oleh Kepala Desa Hidayat Mansyur, maka kami dari BPD menindaklanjuti surat tersebut dengan mengusulkan dan memberikan Camat Wera Ridwan,” ujarnya.

Terkait dengan persoalan tersebut, Camat Wera Ridwan mengatakan bahwa Pemerintah Kecamatan Wera telah memberikan surat teguran pertama untuk Kepala Desa Pai.

“Saya telah memberikan surat teguran kepada Kepala Desa Pai setelah kami terima surat rekomendasi dari BPD selama 7 namun Kepala Desa tidak juga memberikan surat rekomendasi persetujuan PAW-BPD Pai,” kata Ridwan melalui sambungan telepon.

Ridwan menambahkan kami telah memberikan surat teguran kepada Kepala Desa Pai namun tidak direspon.

“Setelah kami layangkan surat teguran pertama Kepala Desa Pai namun belum juga memberikan rekomendasinya dan besok kami dari Pemerintah Camat Wera akan mengeluarkan surat teguran yang kedua,” tambahnya.

Terakhir Ridwan meyatakan akan mempertegas lagi surat teguran tersebut.

“Saya akan mempertegas lagi teguran ini agar kepala desa tidak main-main dalam menjalankan tugasnya,” tutupnya tegas.

Penulis : Gie | YES