IBC, JAKARTA – Tahukah Anda? ternyata Mantan Panglima TNI Masa Bhakti 2015-2018, Gatot Nurmantyo saat mengikuti tes seleksi pasukan khusus (Kopassus) tidak pernah lulus lho!

Seperti dilansir tirto.id, mantan Pangdam V/Brawijaya tersebut justru telah beberapa kali mendaftar, namun gagal. Akan tetapi disaat ia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah ini, memanggil Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo, untuk mendaftar pendidikan Kopassus.

Namun hal itu ditolak oleh bawahannya, sebab kata Agus menyampaikan kepada atasannya, bahwa ia tidak perlu mengikuti pendidikan Komando Pasukan Khusus, dan akan diberikan Brevet Kehormatan.

Alhasil, Gatot menolak tawaran itu, ia bersikeras ingin mendapatkan baret merah melalui jalur normal, meskipun diusianya yang sudah memasuki 55 tahun.

Singkatnya, setelah masuk pendidikan Kopassus, mulai dari pendaftaran, ujian hingga penyematan Brevet Komando dan baret di pantai Cilacap. Hal itu tentunya ia dapatkan dengan sejumlah latihan fisik yang keras.

Dan pada akhirnya setelah lulus dari jalur normal, mantan Pangkostrad ini naik helikopter menuju Kartosuro, lalu menuju ke makam kedua orang tuanya sambil memberi hormat.

Untuk diketahui, Gatot Nurmantyo ayahnya berasal dari Cilacap dan ibunya berasal dari Kota Solo ini, sebagai anggota Kopassus tertua dilantik saat berusia 55 tahun.

Penulis : AS
Foto : Detik.com