IBC, SUMSEL- Pengukuhan Penjabat Sementara (PJS ) Bupati yang mengisi kekosongan lima kabupaten wilayah Provinsi Sumsel yang bupati dan wakil bupatinya cuti untuk mengikuti kampanye pada pilkada serentak 9 Septembet 2020 mendatang oleh Gubernur provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru di Griya Agung Kota Palembang, Sabtu (26/9/2020) pada pukul 19.30 WIB.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H.Herman Deru mengukuhkan Aufa Syahrizal PJS Bupati Kabupaten Ogan Ilir, M Zaki Aslam PJS Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Nora Elisa PJS Bupati Kabupaten OKU Selatan, H. Ahmad Rizali PJS Bupati Kabupaten Musi Rawas, dan RA Supriono PJS Bupati Kabupaten Musirawas Utara (Muratara).

Herman Deru mengatakan saya mengusulkan PJS Bupati ini kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tidak memilih putra daerah dan alhamdulillah sudah disetujui dan malam ini saya kukuhkan.

“Saya ucapkan selamat kepada PJS bupati yang telah dikukuhkan pada malam ini dan langsung saya perintahkan untuk PJS Bupati harus menjaga kondusif daerahnya yang bebas dari konflik, tatanan pemerintahan harus bejalan, sistem keunangan harus berjalan dan saya minta kepada PJS Bupati meskinpun diperbolehkan untuk tidak memutasikan ASN kecuali ada hal yang sangat prinsip seperti pelanggaran ASN yang melanggar dalam pasal ASN dan tidak merubah RPJMD dari masing-masing Bupati defenitif,” katanya kepada awak media.

Selanjutnya Herman Deru menegaskan poin penting yang saya sampai kepada seluruh PJS Bupati bahwa PJS Bupati itu kepanjangan tangan gubernur yang diletakkan didaerah untuk menyelenggarakan beberapa aspek menjaga ketentraman melanjutkan proses administrasi dan mendapatkan fasilitas layaknya sebagai Bupati.

“Saya tekankan lagi kepada PJS Bupati yang mempunyai wewenang sebagai Bupati untuk tidak akan melebihi Bupati aslinya dengan tidak menggunakan anggaran semaunya karena PJS Bupati adalah menunggu rumah sementara orangnya tidak ada, jadi pesan saya jadilah PJS Bupati yang sopan karena citra anda dilapangan menunjukkan perwakilan Gubernur didaerah,” tegasnya

Penulis : Zul | YES