IBC, TALIABU – Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Maddaremmeng ditunjuk sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pulau Taliabu (Pultab), Gafarudin, mengatakan, penunjukkan sebagai Pjs ini berdasarkan ketetapan yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, SK Nomor 131.82-3009 tahun 2020 tertanggal 24 September 2020 tentang Penunjukan Penjabat Bupati Sementara Pulau Taliabu.

“Keputusan ini sudah dibacakan dan telah dikukuhkan oleh Gubernur Maluku Utara” kata Gafarudin, Sabtu (26/9/2020).

Dalam SK tersebut, sambung Kadis, Pjs. Bupati, mulai bertugas pada 26 September dan akan berakhir setelah Bupati Aliong Mus dan Wakil Bupati Ramli selesai menjalani cuti di luar tanggungan negara yakni pada 5 Desember nanti.

Gafarudin menerangkan, berdasarkan SK Pjs. Bupati ditugaskan memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.

“Melihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, dan mengfasilitasi penyenggaraan Pilkada yang definitas serta menjaga netralitas ASN,” terang Gafar, sapaan akrab Kadis itu.

Sambungnya, selain itu, Pjs. Bupati juga bertugas menyerahkan laporan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Mendagri melalui Gubernur Maluku Utara.

Laporan tersebut meliputi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat saat kampanye Pilkada, gambaran umum netralitas ASN saat pelaksanaan kampanye Pilkada, langkah-langkah kebijakan strategis yang dilakukan oleh Pjs Bupati.

“Serta kondisi pelaksanaan pemerintahan daerah pada saat petahana melaksanakan cuti di luar tanggungan negara,” sambungnya.

Gafarudin selaku Kadis Kominfo, mewakili seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintahan Pultab menyampaikan selamat kepada Pjs. Bupati yang baru.

“Selamat kepada Bapak Maddaremmeng sebagai Pjs. Bupati,” ucapnya.