IBC, SUMSEL- Bimbingan Tehnis (bimtek) tentang Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam pengelola Dana Bos Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumsel dibuka oleh Plt Kadis Pendidikan Nasional Pemprov Sumsel Riza Pahlevi yang dilaksanakan 28-30 september 2020 di Hotel Azza Palembang pada Senin (28/9/2020).

Riza Pahlevi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kabupaten Muara Enim yang mempunyai inisiatif yang bagus melaksanakan Bimtek tentang RKAS karena yang namanya belajar itu tidak hanya berdiam diri dan sudah saya bekali dengan kata bagaimana pengelola dunia pendidikan ini guru dan kepala sekolah harus satu kata PINTAR (Profesional Inovasi Niat Tanggung jawab Adaptasi dan Rasional).

“Di dalam pengelolaan dana BOS sekolah tidak ada indikasi untuk korupsi tapi hanya kesalahan administrasi salah saja dalam peletakan belanja barang dan belanja modal. Maka sekolah-sekolah Kabupaten Muara Enim khususnya SMA ini melaksanakan Bimtek RKAS untuk mencegah adanya kesalahan administrasi dalam pengelolaan dana BOS,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) khususnya SMA Darmadi mengatakan Bimtek RKAS dalam pengelolaan dana BOS pesertanya 63 orang kepala sekolah dan bendahara yang berasal dari SMA negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Muara Enim dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan dana BOS yang baik.

“Semoga setelah selesai mengikuti Bimtek ini kita khususnya Kepala sekolah dan Bendahara memiliki autput hasil yang dapat menjadi pedomaan dalam pembuatan dan penyusunan RKAS pengelolaan dana BOS sehingga laporannya akuntable yang bisa dipertanggung jawabkan,” tutup Darmadi.

Penulis : Zul