IBC, SUMSEL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan menggandeng Rumah Zakat dan beberapa lembaga dalam menyalurkan bantuan kesehatan baik berupa alat-alat kesehatan maupun bantuan biaya berobat bagi yang membutuhkan karena tidak memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Dengan usaha kawan-kawan dari Ormas Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia Sumsel yang sebelumnya menggelar aksi didepan kantor Walikota Palembang beberapa waktu lalu membuahkan hasil yang baik sehingga pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel dan Rumah Zakat menyambangi langsung kediaman Miska yang terjerat hutang biaya saat persalinan di Jalan Panca Usaha, Kecamatan SU 1, Rabu (30/9/2020).

Miska, istri Amran Syah ini berasal dari keluarga yang memiliki keterbatasan dalam hal perekonomian dan suamainya merupakan pekerja swasta, namun penghasilannya tidak mencukupi untuk membiayai persalinan istrinya di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) saat ditemui pihak Dinkes Sumsel M.Irfan selaku Kasi Rujukan dan pihak Rumah Zakat Fahriansyah.

Dinkes Provinsi Sumatra Selatan melalui Kasi Rujukan M Ifan Fahriansyah mengatakan sangat sangat mengapresiasi kepada semua pihak seperti Rumah Zakat, Zafa Tour, REKAN Indonesia Sumsel serta lembaga-lembaga lain yang turut membantu serta merespon dengan cepat terhadap permasalahan sosial yang alami oleh masyarakat khususnya yang kurang mampu dan berharap kedepanya pemasalahan yang dialami Misca tidak terjadi lagi.

“Kita selalu menjalin komunikasi dengan lembaga-lembaga sosial, lembaga kemanusian dan pihak tertentu yang juga punya kepedulian dalam hal kesehatan,” ucapnya.

Ifan menambahkan dukungan dari Dinkes Provinsi Sumsel sendiri telah menyiapkan 454.310 orang Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota.

“Palembang merupakan penerima PBI lebih banyak mengingat jumlah penduduk yang banyak diantara kabupaten/kota lain yang ada di Sumsel,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Cabang Rumah Zakat Sulaiman mengatakan salah satu program kita adalah kesehatan.

“Makanya kita dilibatkan oleh dinas kesehatan didalam membantu pasien dari keluarga yang tidak mampu dalam hal ini untuk pembiayaannya,” kata Sulaeman.

Terakhir Sulaiman menyampaikan batuan yang kita salurkan kepada pasien Miska berupa hutang biaya melahirkan di RSMH serta hadiah untuk bayinya dan sumber dananya dari donatur yang menitipkan di Rumah Zakat.

“Untuk kedepannya kita terus menjadi bagian salah satu bentuk kita edukasi kita kepada masyarakat dimasa pandemi covid-19 ini selalu untuk saling peduli kepada sesama,”tutupnya.

Penulis : Zul | YES