IBC, JAKARTA – Rencana PSSI melakukan pemusatan latihan (TC) lanjutan bagi tim nasional Indonesia U-19 ke Turki dipastikan batal dan memutuskan tetap TC di Kroasia pada bulan Oktober ini.

“PSSI memutuskan Timnas U-19 terus melanjutkan TC di Kroasia. Mereka tidak jadi ke Turki karena belum ada kepastian lawan uji coba. Kami sudah mempersiapkan lawan-lawan uji coba yang berkualitas untuk timnas U-19 selama bulan Oktober ini di Kroasia,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melalui laman PSSI, Jun’at (2/10/2020).

Seperti diketahui pasukan Shin Tae-yong sudah melakukan TC di Kroasia sejak 30 Agustus 2020.

Timnas Indonesia U-19 saat ini sudah menjalani tujuh laga uji coba di Kroasia melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), dan Dinamo Zagreb (1-0).

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Iriawan menambahkan bahwa ia selalu memantau perkembangan timnas U-19 setiap harinya. Ia juga mengapresiasi perkembangan positif anak asuh pelatih Shin Tae-yong.

“Saya senang pemain terus meningkat kemampuannya dan berproses dengan baik. PSSI akan terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi torehan hasil yang maksimal timnas U-19,” jelas Iriawan.

Penulis : FA | YES