IBC, SUMSEL – Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Sumsel menyelenggarakan Ruwet Bumi di jakabaring Sport City Palembang pada Kamis (1/10/2020).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumsel yang diwakil Pelaksana tugas (Plt.) Asisten I bidang Kesra dan Pemerintahan Najib Ahmad, Ketua Harian Dewan Rohaniawan Matakin Pusat Budi Siniarto serta seluruh pengurus dan anggota Matakin se-Sumsel.

Najib Akmad mengatakan acara ini kita jadikan bukti kearifan lokal dimana lima rumah ibadah umat beragama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu dan Budha saling bedampingan.

“Ini menandakan di daerah kita selalu menghindari konflik Suku, Agama dan Ras (SARA),” katanya.

Dirinya menyatakan acara Ruwet Bumi ini sangat penting oleh karena itu pemerintah memberi perhatian dan mensuport kegiatan seperti ini.

“Saya harapkan kepada matakin supaya menjaga kerukunan, hormati leluhur kita dan selalu menjaga kebersamaan apa lagi dimasa pandemi covid-19 ini,” imbuh Najib.

Ketua Matakin Sumsel Budi Setiawan mengatakan Ruwat Bumi dilakukan pada tanggal 15 bulan 8 tahun imlek karena hari kesempurnaan dewa bumi yang diangkat dari seorang raja menjadi dewa dengan latar belakangnya sangat bijaksana dengan rakyatnya.

“Semoga dengan acara Ruwat Bumi ini kepada tuhan agar covid-19 ini sirna dari muka bumi dan rakyat kembali sejahtera,” ucap Budi Setiawan.

Penulis : Zul | YES