IBC, JAKARTA – Seperti diketahui, Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang memainkan isu kebangkitan PKI baru-baru ini mendapat tanggapan serius dari seniornya yang juga Mantan Panglima TNI Jend TNI (Purn) Moeldoko.

Menurut Kepala Kantor Staf Kepresidenan ini menyampaikan kepada media, bahwa gerakan KAMI diperbolehkan dalam negara demokrasi, namun kata penyandang Adhi Makayasa tahun 1981 ini, “tapi jangan coba-coba untuk mengganggu stabilitas politik”.

Pernyataan Moeldoko itu pun mendapat dukungan dari Relawan Jokowi yang tergabung di Aliansi Poros Benhil (PB).

Pasalnya menurut salah satu Presidium PB, Roni Rosa, bahwa gerakan Gatot Nurmantyo (KAMI) terlihat jelas mengganggu stabilitas politik dan keamanan, sebab kata dia, isu kebangkitan PKI hanya dijadikan ‘dagangan politik’ untuk kepentingan politik sesaat. Namun imbuhnya, hal itu justru bisa berpotensi mengancam perpecahan.

“Hemat kami pak Moeldoko benar, tindakan pak Gatot dan koleganya tergabung di KAMI justru berpotensi mengganggu stabilitas politik dan keamanan. Baik di Surabaya dan kemarin terjadi kericuhan di Taman Makam Pahlawan Kalibata,” ujar yang karib juga disapa oleh relawan Jokowi dengan inisial Bang RR Muda asal Minang ini.

Lanjutnya menyindir dengan menganalogikan, isu tersebut seperti pedagang yang menjual makanan ringan, namun telah kadarluasa yang dipaksakan untuk dijual kembali, “jadi analoginya ibarat dagang kue, kue itu sudah basi, akhirnya enggak laku dijual di pasar. Kira-kira seperti itu analoginya. Padahal orang tahu kalau kue itu sudah basi, akhirnya enggak laku dijual kan?,” terang Aktivis 98 ini di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Menutup keterangannya, Bang RR kembali menegaskan, bahwa ia dan relawan Jokowi lainnya yang tergabung dalam Poros Benhil mendukung penuh langkah Ketua Dewan Pembina-nya, Jend TNI (Purn) Moeldoko, yang sebelumnya menyampaikan kepada media mengingatkan juniornya, untuk jangan coba-coba mengganggu stabilitas politik, “kalau bentuknya sudah mengganggu stabilitas politik, semua ada resikonya,” ujar Moeldoko.

Penulis : FA|AS
Foto : ERA.Id