IBC, TANGSEL – Menjawab kebutuhan rekreasi dalam mengisi waktu luang disaat pandemi yang dapat menopang ekonomi, tentu membutuhkan beragam gagasan serta kreatifitas yang tepat sasaran.

Namun demikian, tidak perlu bingung untuk menyalurkan hobi yang dapat menghasilkan, kini sudah ada penyalurannya, sebagai pendatang baru dalam dunia marketplace, Startup yang satu ini telah memenuhi kebutuhan Anda.

“Secara naluri manusia pasti memiliki lebih dari satu hobi, dan di Indonesia masih jarang marketplace yang khusus mengenai hobi,” ujar Andy Hariyanto selaku Founder dan CEO Startup indohobi.id ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa indohobi.id telah bekerjasama dengan beberapa akun bank dan keuangan digital. Menurutnya hal itu untuk menjaga keamanan pembeli dari penipuan digital.

“Pihak indohobi.id sudah memiliki beberapa fitur yang fokus mengamankan penjual dan pembeli seperti ‘Escrow Service’ atau rekening bersama, dan proses pengembalian dana apabila ada kegagalan transaksi,” paparnya dalam acara Launching marketplace di Taman Wisata Situ Gintung, Tangerang Selatan, Sabtu (3/10/2020).

Pun ia menjelaskan, bahwa marketplace ini juga memiliki beberapa fitur diantaranya, sarana jual/beli perlengkapan, klab diskusi, lelang terbatas, iklan, dan sentra untuk beragam jenis hobi.

Hal senada juga dilontarkan oleh Rendi selaku penghobi dan pengusaha dibidang tanaman gedung, dan tanaman hias, bahwa para penghobi tanaman saat ini mulai naik. Hal tersebut kata dia, kemungkinan besar disebabkan oleh butuhnya hiburan di sekitar tempat tinggal para penghobi baru.

Selain Rendi, penghobi lainnya yang hadir, Agung selaku penghobi dan budidaya ikan Cupang menyampaikan, bahwa ikan Cupang bukan saja untuk berlaga, melainkan juga dapat dilombakan keindahan warnanya.

Kembali kepada pendiri indohobi.id dipenghujung pemaparannya, ia menggaris bawahi bahwa hobi bisa dibagi dua jenis, yakni hobi yang permanen, serta hobi yang bersifat musiman.

Karena itu kata Andy menyarankan, sebaiknya untuk mencari hobi yang jelas, karena kalau tidak lanjutnya, hanya akan membuang-buang waktu.

“Carilah hobi yang jelas, karena kalau enggak cuma akan cenderung membuang-buang uang aja,” pungkasnya.

Penulis : MA|YES