IBC, JAKARTA – Peringatan yang disampaikan Jend TNI (Purn) Moeldoko melalui media online kepada para oknum purnawirawan TNI beberapa waktu lalu, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta menuai persepsi yang berbeda dari salah satu Tokoh Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsuddin.

Seperti diberitakan diberbagai media, menurut mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia itu, apa yang telah disampaikan Moeldoko merupakan sebuah pernyataan ancaman. Namun tudingan tersebut dibantah Relawan Jokowi yang tergabung dalam Aliansi Poros Benhil.

Pasalnya kata Presidium Poros Benhil, Roni Rosa, bahwa pernyataan Moeldoko tersebut bukanlah pernyataan ancaman, melainkan pernyataan hanya untuk mengingatkan agar tidak mengganggu stabilitas politik.

“Artinya hemat saya, itu cuma mengingatkan jangan sampai mengganggu stabilitas politik. Jadi enggak salah kan kalau cuma mengingatkan?,” ujarnya saat dimintai tanggapannya melalui selular pribadinya, Minggu (4/10/2020).

Lanjut Roni menegaskan, seharusnya sekaliber Din Syamsuddin dapat membedakan pernyataan ancaman dan pernyataan yang hanya mengingatkan. “Harusnya pak Din Syamsuddin bisa bedakan itu dong,” ucapnya.

Selain itu, Roni juga mengingatkan para tokoh yang tergabung di ‘KAMI’ untuk tidak memprovokasi rakyat, demi terciptanya stabilitas politik yang kondusif.

“Rakyat sekarang enggak butuh provokasi, rakyat butuhnya ketenangan, apalagi kita masih pandemi. Makanya, saya imbau para tokoh seperti pak Din Syamsuddin, jadilah seorang negarawan bukan politikus,” pungkas yang karib disapa Bang RR ini.

Sebelumnya Din Syamsuddin seperti dikutip dari detik.com mengatakan, Moeldoko tidak perlu melempar ancaman kepada rakyat. Di era demokrasi sikap arogansi, represif dan otoriter sudah ketinggalan zaman.

“KAMI mengingatkan Bapak KSP Moeldoko dan jajaran kekuasaan untuk tidak perlu melempar ‘ancaman’ kepada rakyat. Pada era demokrasi modern dewasa ini arogansi kekuasaan, sikap represif dan otoriter sudah ketinggalan zaman,” kata Din, dalam keterangannya, Jumat (2/10/2020).

Penulis : FA|YES
Foto : Roni Rosa Saat Membagikan Paket Sembako Beberapa Waktu yang Lalu
.