IBC, TALIABU – Front Peduli Demokrasi (FPD), menggelar aksi Demonstrasi pada tiga Instansi, diantaranya Kantor Bupati, DPRD dan Kejari Kabupaten Pulau Taliabu. Senin (19/10/2020).

Aksi unjuk rasa yang dilaksanakan, dalam rangka mendesak Instansi terkait untuk menyelesaikan empat tuntutan, yakni:

1). Mengusut tuntas ganti rugi lahan masyarkat Taliabu Barat Laut
2). Mengusut tuntas tuntas persoalan Masjid Nurul Yaqin
3). Mempertanyakan anggaran daerah 47 Miliyar tahun 2019, yang dicairkan tanpa SP2D.
4). Bentuk Pansus untuk mengusut terkait dugaan pemotongan Dana Desa.

Menyentil soal anggaran 47 M yang dicairkan tanpa SP2D, salah satu orator FPD Sudarlin Untung menyampaikan bahwa, ada dugaan permainan dibalik layar pencairan anggaran dengan nilai yang fantastis ini.

“Kami merasa, DPRD tidak mampu, menjalankan tugasnya sebagai lembaga yang mempunyai fungsi pengawasan, dalam arti tidak mampu mengawas kebijakan pemerintah yang semestinya menjadi tugas DPRD Kabupaten Pulau Taliabu,” teriak Sudarlin, saat unjuk rasa, di halaman Kantor DPRD Pulau Taliabu, Senin (19/10/2020).

Semestinya, lanjut Sudarlin, harusnya DPRD sebagai lembaga yang memilih porsi pengawasan dapat menuntaskan persoalan ini.

“Seharusnya DPRD memilih porsi pengawasan dapat menuntaskan persoalan ini,” lanjutnya tegas.

Tak hanya itu, dengan kegigihan mengkaji soal dugaan temuan ini, Arki Awaludin mengatakan DPRD lemah dalam menangani soal dugaan kasus temuan 47 Miliyar ini.

“Bagaimana mungkin kami sebut DPRD sebagai lembaga penyambung aspirasi, kalau hari ini (Senin) DPRD Pulau Taliabu alpa berkantor,” ungap Arki.

Semantara itu, Kasubag Humas dan Protokol DPRD Pulau Taliabu, Aldin Syaputra mengatakan, terkait tuntutan teman-teman ke DPRD untuk membentuk Pansus serta terkait dugaan pencairan tanpa 47 Miliyar, akan dikoordinasikan.

“Ini perlu saya koordinadikan dengan para anggota DPRD Pulau Taliabu,” terang Aldin saat menjumpai massa aksi FPD.

Silahkan tonton video FPD saat aksi unjuk rasa di bawah ini:

FPD Desak 4 Tuntutan Harus Segera Diusut!

Penulis : HVD | YES