IBC, CIKARANG – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melepas para punggawa serta ofisial Timnas U-16 yang akan bertolak ke Uni Emirat Arab (UEA) dalam agenda uji coba internasional.

Acara pelepasan skuat Garuda Asia bertempat di Oakwood Residence, Cikarang, Jawa Barat (Jabar) pada Senin (19/10/2020) pagi.

Iriawan berharap para pemain dapat memberikan hasil maksimal dengan terus menjaga mental dan sikap selama di lapangan.

“Lambang Garuda di dada jauh lebih berarti dibanding nama kalian di punggung. Kakak-kakak senior U-19 tengah dalam pemusatan latihan di luar negeri dan kali ini kalian juga mendapat kesempatan yang sama. Jaga mental kalian, fokus dan jangan sia-siakan kesempatan untuk belajar dari laga uji coba ini,” ungkapnya.

Sementara itu pelatih Timnas U-16, Bima Sakti mengucapkan terima kasih atas kesempatan uji coba internasional yang diberikan PSSI kepada tim yang diasuhnya.

“Saya mewakili Timnas U-16 mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua Umum PSSI, Plt. Sekjen dan jajaran PSSI yang sudah memberikan kesempatan dan senantiasa memonitor perkembangan timnas U-16. Kami menambah pengalaman dalam uji coba melawan Timnas UEA U-16 nanti, dan kami saling menjaga agar semua sehat sebelum dan setelah pertandingan nanti,” ucap Bima Sakti.

Skuat Garuda Asia sudah melakukan rangkaian pemusatan latihan di Cikarang, Jabar selama 2 pekan pada September hingga awal Oktober, maupun latihan secara virtual dalam persiapan sebelum bertolak ke UEA.

“Ini menjadi kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin bagi pemain karena tim akan beruji coba di luar negeri, apalagi, Timnas UEA U-16 juga salah satu kontestan putaran final Piala Asia U-16,” jelas Bima Sakti.

Bima Sakti menegaskan dengan membawa nama negara sehingga semua harus disiplin, bukan hanya menjaga kondisi fisik tetapi juga menerapkan protokol kesehatan.

“Kami membawa nama negara, sehingga semua harus disiplin, bukan hanya menjaga kondisi fisik tetapi juga menerapkan protokol kesehatan, sehingga semua sehat sebelum dan sesudah sampai di Indonesia,” tegas mantan gelandang Timnas Indonesia.

Sebelum berangkat tim juga diberikan arahan oleh dokter tim, terkait protokol kesehatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menempuh perjalanan udara selama 8 jam.

Tak lupa setiap pemain dan official diberikan satu paket masker, hand sanitizer dan multivitamin selama berada di UEA.

Timnas akan bertolak ke UEA pada 19 Oktober 2020 pukul 17.55 wib dan dijadwalkan tiba di Dubai, UEA pada pukul 22.55 waktu setempat.

Rencananya Timnas U16 akan melakoni dua laga uji coba kontra Timnas U-16 UEA pada pada 21 dan 24 Oktober 2020.

Berikut Jadwal Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-16 Kontra Timnas UEA U-16

21 Oktober 2020

UEA U-16 vs Indonesia U-16, Venue: Stadion UEA FA, Dubai, Uni Emirat Arab

24 Oktober 2020

UEA U-16 vs Indonesia U-16 Venue: Stadion UEA FA, Dubai, Uni Emirat Arab

Penulis : FA | YES