IBC, JAKARTA – Dua gitar yang dimiliki, dimainkan dan sebagian didesain oleh mendiang Eddie Van Halen akan dilelang.

Gitar elektrik EVH Charvel Art Series 2004 dan gitar elektrik kustom yang dibuat Van Halen di studio rumahnya dengan dibantu teknisi gitarnya Matt Bruck dan diberikan kepada seorang teman pada tahun 1991.

Julien’s Auctions mengumumkan pada Senun (19/10/2020) kedua gitar tersebut akan dilelang pada acara “Icons & Idols Trilogy: Rock ‘N’ Roll” yang akan dimulai 5 Desember mendatang.

Kedua gitar yang ditandatangani oleh Van Halen mempunyai gaya yang sama pada sebagian besar gitarnya yang berasal dari album pertama Van Halen pada tahun 1978. Masing-masing gitar diperkirakan akan dijual antara $ 60.000 dan $ 80.000 (sekitar Rp884 juta dan Rp1.178 triliun dengan kurs $1 = Rp14.725)

Legenda gitar dan Rock and Roll meninggal karena kanker pada 6 Oktober lalu di usia 65 tahun. Proses lelang ini telah dipersiapkan sebelum Eddie meninggal dunia.

“Saat kami mempersiapkan daftar lelang tahunan ‘Ikon & Idola: Rock and Roll’, kami tercengang mendengar berita sedih meninggalnya Eddie Van Halen minggu lalu,” kata Presiden Julien’s Auctions, Darren Julien dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir Associated Press (AP).

“Kami merasa terhormat untuk menyertakan di acara ini dua gitar ikoniknya dari karirnya yang cemerlang dan berkobar sebagai salah satu pahlawan gitar terhebat dan paling berbakat di rock,” tambahnya.

Lelang juga mencakup Fender Stratocaster yang dimainkan dan dihancurkan, oleh Kurt Cobain pada In Utero Tour 1994 milik Nirvana, dan sarung tangan putih bertabur kristal yang dikenakan oleh Michael Jackson pada Victory Tour 1984 milik Jackson bersaudara.

Penulis : FA | YES