IBC, SANANA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sanana Utara Kabupaten Kepulauan Sula diduga abaikan konser musik pada kampaye terbatas putaran kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sula H.Zulfari Abdula Duwila Dan H.Ismail Umasugi di Desa Pohea.

Setelah melakukan kampanye terbatas ZADI-IMAM, diisi dengan konser beberapa artis lokal namun tidak dihentikan oleh Panwaslu Kecamatan Sanana Utara.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 dalam kondisi bencana non-alam Covid-19 secara tegas melarang adanya konser musik yang melahirkan kerumunan masyarakat saat kampanye

Tak hanya itu Panwaslu Kecamatan Sanana Utara juga tidak mencegah pembatasan waktu kampanye sehingga sudah lewat dari jam 12 Masi ada aktiftas pada area kampanye.

Secara terpisah Ketua Panwaslu Kecamatan Sanana Utara Safrudin Duwila mengatakan bahwa Konser musik dilakukan sama oleh ketiga kandidat balon bupati kabupaten kepulauan Sula sehingga dianggap wajar-wajar saja.

“Konser musik tidak hanya dilakukan oleh pasangan ZADI-IMAM namun juga ketiga pasangan calon bupati jadi saya pikir tidak ada masalah dan tidak melaggar aturan karna tidak hanya di lakukan oleh satu Paslon,”kata Safrudin kepada IBC Biro Sula melalui sambungan telepon, Senin (19/10/2020).

Selain itu Safrudin juga menyebutkan masalah waktu kampanye telah sesuai dengan aturan namun selesai dari itu mereka isi dengan live musik mengeringi makan malam simpatisan.

“Masalah waktu kampanye saya pikir sudah sesuai degan aturan namun setelah kampaye terbatas mereka isi dengan live musik mengeringi makan malam para simpatisan jadi  saya pikir  tidak ada masalah,” tegasnya.

Penulis : SF|YES