IBC, TALIABU – Sekertaris Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Salim Ganiru, dinyatakan positif corona (Covid-19), berdasarkan pemeriksaan hasil test swab oleh RSUD Ternate.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Pjs Bupati Pulau Taliabu, Maddaremmeng melalui Press Conference, bahwa akan mempertketat penggunaan protokol kesehatan.

“Status zona hijau sudah tidak ada lagi karena sudah ada yang positif dan reaktif covid-19. untuk itu Kami akan perketat protokol kesehatan,” ungkap Maddaremmeng pada sejumlah wartawan, Rabu sore (21/10/2020).

Lebih memperjelas, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisiyah Marasaoli mengungkapkan bahwa data menunjukan 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 8 lainnya reaktif.

“Yang positif covid-19 itu Pak Sekda dan reaktif itu 8 orang. 4 orang diantaranya Pegawai BKD sementara lainnya adalah tenaga medis dan staf Sekda,” tambah Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisiyah Marasaoli.

Selain itu, Pjs Bupati Pulau Taliabu lakukan instruksi kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Kasat Pol-PP, untuk segera melakukan rapid tes bagi yang bergejala, mengkarantinakan setiap orang yang reaktif dan akan meliburkan sekolah jika ada penambahan kasus covid-19.

Disamping itu, diperintahkan agar memperketat jalur masuk pelabuhan serta penggunaan masker saat keluar rumah tanpa mengabaikan jaga jarak.

“Mulai besok semua sekolah-sekolah juga sudah harus di cek, begitu ada yang reaktif di sekolah langsung diliburkan, begitu juga kepada masyarakat yang dicurigai punya gejala harus dilarang kontak dengan siapapun sebelum di swab,” sebut Kuraisiyah seraya berharap mempertegas protokol Covid-19.

Penulis : HVD | YES