IBC, JAKARTA – Real Madrid harus menelan pil pahit usai ditaklukkan Shakhtar Donetsk dengan skor tipis 2-3 di Stadion Alfredo Di Stefano pada laga perdana babak grup B Liga Champions, Rabu (22/10/2020) dini hari WIB.

Shakhtar Donetsk berhasil unggul tiga gol di babak pertama, Madrid hanya dapat mencetak dua gol di babak kedua.

Kekalahan ini merupakan kedua secara beruntun setelah takluk dari Cadiz di La Liga dan sinyal bahaya sebelum hadapi Barcelona dalam tajuk El Classico

Madrid langsung menguasai jalannya pertandingan di awal babak pertama dengan mengurung pertahanan Shakhtar namun belum membuahkan hasil.

Keasikan menyarang membuat lini pertahanan Madrid menganga, hal ini dimanfaatkan pemain Shakhtar,pada menit 14 melalui umpan jauh berhasil memberikan kesempatan bagi Marlos yang berhadapan satu lawan satu dengan Courtois namun tembakannya berhasil dipatahkan.

Terus menekan pertahanan Madrid, akhirnya Shakhtar berbuah manis pada menit 29 Korniyenko berhasil melewati Varane dan menyodorkan bola kepada Tete, sepakan kaki kiri Tete tak mampu dihentikan Courtois.

Kembali tim tamu dapat menggandakan keunggulan pada menit 33 lewat gol bunuh diri Varane yang salah mengantisipasi bola liar hasil tendakan keras Tete yang gagal diantisipasi Courtois dengan sempurna.

Kembali bola bersarang ke gawang Madrid. Kali ini terjadi di menit 42, gol berawal dari sebuah umpan back heal Tete yang kemudian diselesaikan Solomon dengan sempurna.

Ketiga Shakhtar merupakan andil Tete dan babak pertama pun berakhir 3-0 untuk kemenangan Juara Ukraina ini.

Pada awal babak kedua Pelatih Madrid Zidane mempertajam barisan depannya dengan memasukkan Benzema untuk menggantikan Rodrygo

Akhirnya Madrid dapat memperkecil ketertinggalannya pada menit 52 melalui tembakan kencang Modric dari luar kotak penalti, membuat Trubin terperangah.

Tujuh menit berselang Madrid kembali mencetak gol lewat Vinicius Jr. yang baru masuk ke lapangan menyerobot bola dari Marlos dan menempatkan bola ke sudut gawang. Skor pun berubah menjadi 3-2 tetap untuk kemenangan Shakhtar.

Benzema nyaris menyamakan kedudukan pada menit 62 namun tembakan keras penyerang asal Perancis ini mampu diblok pemain bertahan Shakhtar.

Tete menjadi momok bagi pertahanam Madrid. Pada menit 64 Tete berhadapan satu lawan satu dengan Courtois, tetapi dirinya terlalu lama mengambil keputusan sehingga tembakannya berhasil dipatahkan kiper asal Belgia tersebut.

Tim asuhan Zidane berhasil menyamakan kedudukan di menit 90+2 melalui sepakan keras Valverde sempat mengenai pemain Shakhtar sebelum meluncur ke gawang Trubin.

Namun gol Valverde dianulir wasit setelahelihat tayangan VAR dan menganggap Vincius Jr. yang berdiri di depan penjaga gawang menghalangi pandangan kiper

Pertandingan pun berakhir 3-2 untuk kemenangan Shakhtar. Dengan hasil ini membuat anak asuh Luis Castro mendapatkan tiga poin.

Susunan Pemain
Real Madrid: Thibaut Courtois; Ferland Mendy, Raphael Varane, Eder Militao, Marcelo (c); Luka Modric, Casemiro, Federico Valverde; Marco Asensio, Luka Jovic, Rodrygo.

Shakhtar Donetsk: Anatoliy Trubin; Dodo, Valeriy Bondar, Davit Khocholava, Viktor Korniyenko; Marcos Antonio, Maycon; Marlos (c), Manor Solomon, Tete; Dentinho.

Penulis : FA | YES