Tarakan – IBC, Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN IPKN) menyelenggarakan Pelantikan Pengurus IPKN Periode 2020-2023 pada empat wilayah daerah di Indonesia, Senin (26/10/2020).

Prosesi pelantikan pengurus IPKN daerah dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPN IPKN Bahrullah Akbar secara virtual.

Adapun daerah tersebut seperti
Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Untuk prosesi pelantikan calon pengurus IPKN wilayah Kalimantan Utara sendiri, dilaksanakan di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara itu, untuk pengurus IPKN Wilayah Kaltara diisi oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kaltara, Agus Priyono sebagai Ketua IPKN Wilayah Kaltara, pimpinan dan pejabat BPKP Provinsi Kaltara, para pejabat di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kaltara, para akademisi, Auditor dari Inspektorat seKaltara dan para profesi akuntan di Kalimantan Utara.

“Dengan dilantiknya pengurus IPKN wilayah Kalimantan Utara, diharapkan dapat mengembangkan profesi
pemeriksa keuangan negara dan membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-
wilayah Provinsi Kalimantan Utara untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah,” ucap Kasubbag Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan BPK Kaltara Fahrizal Noor lewat press releasenya yang diterima Kabiro Kaltara.

IPKN sendiri merupakan organisasi profesi pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan di Jakarta pada 20 Februari 2020 lalu.

“Organisasi ini diinisiasi oleh BPK RI selaku instansi pembina jabatan fungsional pemeriksa keuangan negara, dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara,” terang Fahrizal.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Pjs Gubernur Kaltara (hadir langsung sebagai undangan – red), sedangkan Kepala Daerah yang hadir via zoom diantaranya Plt. Bupati Nunukan, Plt. Bupati Malinau, Pjs. Bupati Tana Tidung, Bupati Bulungan dan Wali Kota Tarakan.

Penulis: GKS | YES