IBC, SUMUT – Presiden Jokowi menyatakan di sini sesuai dengan rencana, ini akan dikerjakan food estate seluas 30.000 hektare di Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Di sini ada luas lahan 60.000 hektare, 60.000 hektare dan yang akan ditanam, yang akan digunakan untuk food estate adalah seluas 30.000 hektare. Dan letaknya di Kabupaten Humbang Hasundutan, di Kabupaten Tapanuli Utara, di Kabupaten Tapanuli Tengah, dan di Kabupaten Pakpak Bharat. Ini tersebar, tetapi ini tetap di Provinsi Sumatra Utara,” ujarnya saat melakukan kunjungan di Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (27/10/2020).

Kepala Negara mengatakan yang akan ditanam di sini seperti kita lihat, ini adalah tempat dimulainya food estate di Provinsi Sumatra Utara, yaitu untuk tanaman kentang, bawang merah, dan bawang putih.

“Insyaallah nanti ini sudah dimulai penanamannya, akan kita lihat hasilnya kira-kira nanti 2 bulan sampai 2,5 bulan akan kita lihat nanti,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan kita memiliki dua (provinsi) yang akan kita pakai untuk memulai program lumbung pangan atau food estate, yang pertama di Provinsi Sumatra Utara, yang kedua di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kita tahu, sudah dua kali saya ke Kalimantan Tengah. Di sana akan di bangun food estate khusus untuk padi dan untuk singkong,” ungkapnya.

Dirinya menandaskan model bisnis dan proses bisnis di sini seperti apa kita lihat saja nanti.

“Saya rasa kita ingin melihat model bisnisnya seperti apa, proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa. Hitung-hitungannya sudah ada, ini akan menjadi contoh untuk provinsi-provinsi lain yang ingin membuat food estate,” tandas Jokowi.

Penulis : DS | YES