IBC, TARAKAN – 28 Oktober merupakan momentum paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tepat di hari ini pula biasanya dilakukan upacara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP).

Namun berbeda untuk tahun ini, cara memperingatinya pun di taktis dengan sedemikian rupa untuk mencegah penularan Covid-19.

Seperti halnya Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Utara merayakan HSP dengan membersihkan sampah di Pesisir Pantai Amal serta membentangkan bendera sepanjang 400 Meter.

Pengibaran bendera 400 meter itu pun sebagai wujud refleksi bahwa pemuda kalimantan utara agar memiliki semangat nasionalisme dan jiwa peduli lingkungan.

Kegiatan ini pun diinisiasi dengan melibatkan stakeholder Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) mahasiswa pecinta alam, badan eksekutif mahasiswa, serta komunitas yang ada di kota Tarakan.

“Ada tiga rangkaian kegiatan seperti mancing mania, kegiatan Bakti sosial bersih-bersih pantai amal. Serta nanti akan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19” ucap Saharuddin, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Utara, Amiruddin , Rabu (28/10/2020).

Amirudin berpesan agar dimomen Pilkada ini, pemuda kaltara menjaga mutu dan kondusifitas.

“Kepada seluruh pemuda yang ada di Kaltara marilah kita di dalam menghadapi pilkada 2020 ini seperti halnya bahwa mutu sumpah pemuda ke-92 yaitu bersatu dan bangkit. Marilah kita jaga  kondusifitas kontestasi pilkada serentak di Kalimantan Utara ini” imbuhnya.

Dirinyapun mengajak pemuda untuk menjaga persatuan meski berbeda pendapat.

“Kita jaga persatuan supaya semuanya kegiatan Pemilukada berjalan dengan baik dengan aman, lancar dan bermartabat. Jangan sampai kita terpecah belah hanya karena sesuatu hal perbedaan pendapat tetapi perbedaan itu kita jembatani sebagai pemersatu, ” sambung Amirudin.

Sementara itu, Saharuddin kepala seksi pemuda dan Kepramukaan Dispora Kaltara mengatakan untuk kegiatan HSP berikutnya direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Nunukan.

“Kedepan kita tetap bersinergi dengan pemerintah daerah, untuk tahun depan mungkin akan kita ada rencana lakukan di Nunukan tepatnya di Pulau sebatik,” ucap Saharuddin.

Sambung Saharuddin pemuda harus bersatu menghalau peredaran Covid-19.

“Untuk pemuda untuk kompak bersatu padu dalam rangka memerangi Covid-19,” pungkasnya.

Penulis : GKS