IBC, JAKARTA – Pihak keluarga menginformasikan bahwa Sean Connery meninggal pada usia 90 tahun.

“Sean meninggal dengan tenang dalam tidurnya, sementara di Bahamas, telah “tidak sehat selama beberapa waktu,” kata putranya, Jason Connery seeprti ynag dilansir BBC, Sabtu (31/10/2020).

Jason Connery mengatakan ayahnya memiliki banyak keluarga yang mungkin berada di Bahamas di sekitarnya ketika dia meninggal semalam di Nassau.

Dia menambahkan kami semua bekerja untuk memahami peristiwa besar ini karena itu baru saja terjadi baru-baru ini, meskipun ayah saya tidak sehat selama beberapa waktu.

“Hari yang menyedihkan bagi semua yang mengenal dan mencintai ayahku dan kehilangan yang menyedihkan bagi semua orang di seluruh dunia yang menikmati anugerah luar biasa yang dimilikinya sebagai seorang aktor,” tambah Jason.

Aktor Skotlandia ini terkenal karena perannya sebagai James Bond, menjadi orang pertama yang membawa peran itu ke layar lebar dan muncul dalam tujuh film thriller mata-mata.

Karir aktingnya berlangsung selama lima dekade dan dia memenangkan Oscar pada tahun 1988 untuk perannya dalam The Untouchables.

Film Sir Sean lainnya termasuk The Hunt for Red October, Highlander, Indiana Jones and the Last Crusade dan The Rock.

Sean kelahiran Fountainbridge di Edinburgh, pertama kali memerankan James Bond di Dr No pada tahun 1962 dan kemudian muncul di lima film resmi lainnya – dan tidak resmi Never Say Never Again pada tahun 1983.

Dia dianggap sebagai aktor terbaik yang memerankan 007 dalam franchise yang sudah berjalan lama, sering disebut seperti itu dalam jajak pendapat.

Dia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu di Istana Holyrood pada tahun 2000. Pada bulan Agustus, Sean merayakan ulang tahunnya yang ke-90.

Produser obligasi Michael G Wilson dan Barbara Broccoli mengatakan mereka sangat terpukul oleh berita kematian Sean.

“Dia dulu dan akan selalu dikenang sebagai James Bond orisinal yang masuknya tak terhapuskan ke dalam sejarah sinema dimulai ketika dia mengumumkan kata-kata tak terlupakan ‘nama Bond … James Bond,” Michael.

“Dia merevolusi dunia dengan penggambarannya yang cerdas dan cerdik tentang agen rahasia yang seksi dan karismatik. Dia tidak diragukan lagi bertanggung jawab besar atas kesuksesan serial film dan kami akan selamanya berterima kasih padanya.”

Alex Salmond, mantan menteri pertama Skotlandia, yang berteman dekat dengan Sir Sean, menggambarkannya sebagai orang Skotlandia terhebat di dunia, bintang Hollywood terakhir yang sesungguhnya, Bond definitif.

“Sean Connery memiliki semua hal ini tetapi lebih dari itu. Dia juga seorang patriot yang setia, pemikir yang mendalam dan manusia yang luar biasa,” ujar Alex.

Dia menambahkan Sean tidak hanya menato lengan bahwa dengan tulisan Scotland Forever.

Scotland Forever tidak hanya ditato di lengan bawahnya tetapi juga tercetak di jiwanya.” tambah Alex.

Penulis : FA | YES