IBC, KEPSULA – Ketua Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
Komisariat Sastra Unkhair Ternate sebut Camat Sanana Utara sengaja atau mungkin tidak paham administrasi dan sistem pemerintahan.

Bagaimana tidak perkara sederhana terkait dengan pengusulan pengangkatan anggota Badan Permusawaratan Desa (BPD) Desa Pohea telah dilayangkan pada 23 Januari 2020 lalu, namun sejauh ini Camat Sanana Utara sengaja diami persoalan ini

Peran BPD di tingkat desa sangatlah penting untuk melakukan pengawasan terhadap kerja-kerja pemerintah desa, ketika hal ini dibiarkan secara otomatis berpengaruh pula terhadap kerja desa.

Struktur Badan Permusawaratan Desa (BPD) Desa Pohea sudah setahun memeliki kekosongan dua anggotanya yakni Zumra Buabes yang mengundurkan diri dan Abd. Hair Gay yang telah meninggal dunia.

Pengurus  komisariat Sastra Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ternate Dani mengesalkan ulah camat sanana Utara ini yang dianggap lamban menangani aspirasi di desa binaannya.

“Saya kesal dengan sikap camat harusnya dia melakukan tugasnya dengan baik sebagai penyambung aspirasi kebutuhan masyarakat tingkat desa ke kabupaten toh kenapa hal sekecil ini saja di biarkan berlarut-larut ketika tidak sanggup menduduki jabatan ini maka saya sarankan untuk undur diri agar bupati menggantikan dengan orang yang mau bekerja dan mengabdi untuk masyarakat kepulauan Sula,” kata Dani dengan nda kesal saat dikonfirmasi oleh IBC,Biro Kepsul lewat WhatsApp, Kamis (6/11/2020).

Tak hanya itu ia juga meminta ke Pj.Bupati Kepulauan Sula Idham Umasangaji untuk segera menegur atau bila perlu mengganti Camat Sanana Utara Husen Teapon yang gagal dan tidak mampu menduduki jabatan Kepala Pemerintahan Sanana Utara.

“Saya juga meminta kepada Pj.Bupati Sula agar secepatnya memanggil Camat Sanana Utara untuk dievaluasi bila perlu digantikan dengan Plt .yang baru sehingga proses kerja-kerja tingkat desa bisa disampaikan dengan baik lewat kecamatan untuk selanjutnya di sampaikan kekabupaten,” tandasnya.

Sementara itu hingga berita Ini ditayangkan Camat Sanana Utara belum Bisa dikonfirmasi oleh IBC Biro Kepsula.

Penulis : Sarif | YES