IBC, KEPSULA – Front Masyarakat Mangole Utara, Barat dan Mahasiswa (FMBUM) melakukan aksi demonstran di depan kantor Bupati Kabupaten Kepulau Sula, Kamis (12/11/2020) pagi tadi wit.

Dalam aksinya FMBUM menyebutkan Pemda Kabupaten Kepulauan Sula melakukan pembohongan kepada masyarakat di Kecmatan Mangole Utara dan Mangole Barat.

Bagaimana tidak, dalam perencanaan pengusulan anggaran pembagunan jaringan 4G di wilayah Mangole Utara yang dirancang oleh Dinas Kominfo senilai Rp3,5 Milyar ternyata tidak ada pada pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Kepulauan Sula.

Tak hanya itu dalam tuntutan masa aksi meminta kepada pihak Bappeda Kabupten Kepulauan Sula agar sekiranya dapat memberikan alasan yang masuk akal kenapa hal ini tidak ada di tahun ini.

Koordinator FMBUM Raski Suamole menyampaikan bahwa aksi mereka pada hari ini memiliki dua tuntutan yang harus dijawab oleh Dinas Bappeda dan Pj. Bupati Kabupaten Kepulau Sula.

“Aksi kami hari ini menuntut dua hal yang pertama, meminta pertanggung jawaban kepada Kepala Bappeda untuk menjelaskan terkait anggaran pembangunan Jaringan 4G senilai Rp3,5 M yang tidak ada dalam pembahasan Banggar di DPRD Kepulauan Sula, yang kedua meminta kejelasan kepala Bappeda untuk menjelaskan bahwa aggaran itu dilarikan di mana,” ungkap Uki panggilan akrab Raski Suamole kepada IBC Biro Sula disela-sela aksi.

Selain Itu Uki juga mengharapkan kepada Pemda Kabupaten Kepulauan Sula bahwa segra menuntaskan masalah Jaringan 4G di Mangole Barat karena masyarakat di sana membutuhkannya.

“Di Mangole Utara penduduknya berkembang cukup pesat dan sama di ibu kota kabupaten , ada bandara, ada toko dan lain sebagainya sehingga jangan hanya banyak janji-janji namun harus buat sehingga masyarakat hanya dibohongi berulang kali oleh Pemda Sula,” harapnya.

Selanjutnya Raski menegaskan Mangole Utara dan Mangole Barat ini juga bagian dari Kabupaten Kepulauan Sula.

“Jadi perlu diperhatikan oleh Pemda Sula jangan hanya memberi janji-janji seperti juga yang dijanjikan oleh Bapak Hendra Teis ketika melakukan kampanye di Mangole Utara,” tutupnya tegas.

Penulis : Sarif | YES