IBC, KEPSUL – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) belum menerima informasi terkait dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

Kepala Kepegawaian kepsul Imran Umalekhoa menyampaikan, pihaknya belum menerima informasi terkait dengan ketetapan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

“Sampai sekarang belum ada ketetapan dari Menpan-RB. Kita menunggu sampai ada penetapan, baru kita bisa buka kuota pendaftaran, sesuai dengan jabatan-jabatan apa yang ditentukan oleh Menpan-RB,” ungkap Imran kepada IBC Biro Kepsul di ruang kerjanya, Senin, (16/11/2020).

Lebihe lanjut Imran menyampaikan terkait dengan formasi, kita belum bisa menetapkan.

“Tergantung dari Menpan-RB, sesuai dengan usulan kita, misalnya 300, kira-kira berapa yang diterima,” sebutnya.

Sementara itu, menurut Imran di tahun 2019 kemarin, usulan kuota Kepsul sekitar 300 lebih, tetapi yang diterima hanya 99.

“Di tahun 2019, untuk Kepsul kita punya usulan yang kita minta sekitar 300 lebih, ditetapkan Menpan-RB 99. Dari 99 itu, yang mengikuti tes 1.000 lebih, namun yang lulus diintegrasi nilai berjumlah 55 orang, yang sekarang tinggal menunggu Nomor Induk Pegawai (NIP). Jadi, untuk formasi di tahun 2021 ini kami belum tahu berapa yang ditetapkan oleh Menpan-RB untuk pembukaan atau penerimaan,” beber Imran

Tidak hanya itu, Imran pun menyampaikan untuk tenaga kerja guru dan tenaga kesehatan tetap masih diprioritaskan.

“Tenaga kerja guru dan tenaga kerja kesehatan akan tetap diprioritaskan. Kesehatan dan guru 60%, tenaga kerja administrasi 40%,” tukasnya

Sekedar informasi untuk data pensiun di tahun 2020, Imran mengaku pihaknya belum tahu keseluruhan data pensiun yang diterima.

“Pensiun ini kan ada dua macam. Pensiun karena sudah batas usia, dan pensiun karena tiba-tiba meninggal. Jadi, saya belum tahu berapa data terkahir pensiun untuk tahun ini,” jelasnya.

Penulis : Sarif | YES