IBC, SUMSEL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumsel menyelenggarakan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) untuk pengembangan dan pelatihan pengawasan pemilu di Hotel Santika Premiere Palembang, Rabu (18/11/2020).

Komisioner Bawaslu Provinsi Sumsel Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Junaidi mengatakan kegiatan SKPP adalah inisiasi dari kerjasama badan pembangunan nasional (Bapenas) dengan Bawaslu Sumsel yang dilakukan secara Nasional tapi setiap provinsi wajib melakukannya.

“Pesertanya diambil dari 17 Bawaslu kabupaten kota masing-masing diambil tiga orang yang tepilih untuk hadir dikegiatan SKPP,” ucapnya.

Selanjutnya Junaidi mengatakan Pembicara Kegiatan SKPP ini dari akeademisi, pratiksi, Bawaslu sendiri dan media yang bertujuan untuk menjadikan kawan-kawan ini bagian pengawasan pemilu informal yang bisa mengawas pemilu diwilayah masing-masing sehingga tindak lanjutnya nanti mereka akan menjadi kader yang akan menyelenggarakan kegiatan serupa di 17 kabupaten kota.

“Insyaallah 2021 mereka akan merekrut kawan-kawan di kecamatan untuk dilatih juga secara berjenjang dan berterus sehingga jumlah pengawas pemilu informal kita semakin hari semakin banyak,” katanya.

Terakhir Junaidi menambahkan kegiatan SKPP dihadiri 75 siswa yang berasal dari daerah 17 Kabupaten Kota se-Sumsel yang akan menjadi mitra pengawas untuk membantu bawaslu mengawasi kegiatan pemilu di 17 kabupaten kota.

“Berharap menjadikan mereka kader-kader yang mumpuni sehingga bisa membantu bawaslu dalam rangka proses tahapan semua pemilu di 17 kabupaten kota,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES