IBC, TALIABU – Empat akun Facebook (FB) yang berstatus dan ikut berkomentar pada Group media sosial (medsos) Taliabu Community (TC), berhasil dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik pada Calon Bupati Pulau Taliabu yakni Muhaimin Syarif (MS).

Hal itu berdasarkan dengan bukti laporan pengaduan Nomor: STPLP/48/XI/2020/SPKT yang dilayangkan oleh Tim Kuasa Hukum paslon Muhaimin Syarif dan Saffarudin Mohalisi (MS-SM), pada Kamis 12 November 2020 lalu.

Tim Hukum MS-SM, Mustakim La Dee mengatakan bahwa terkait kasus tersebut, pihaknya telah mendatangi Polda Maluku Utara pada Kamis, 12 November lalu, untuk melapor ke 4 akun yang diduga mencemarkan nama baik pribadi MS.

“Ada 4 akun Facebook yang telah kita laporkan ke Polda Malut karena diduga telah mencemarkan nama baik klien kami,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan IBC Biro Taliabu lewat What’sApp, Sabtu (21/11/2020).

Berikut kronologinya, pelaporan keempat akun FB tersebut berawal dari unggahan status dan komentar yang tidak benar adanya.

Akun @AswanMorataLaodeunga “Baru mau calon masuk kafe terus inikah yang kalian banggakan buka mata lebar2“. Unggahan status di Group Taliabu Community, pada Oktober 2020.

Kemudian akaun @Murnipancado “Ada oknum calon bupati Taliabu no 1 lagi pesta miras mabuk – mabukan bersama dua ledis/pelakor lagi menikmati hiburan malam“. Unggahan statusnya.

Sementara itu, terdapat dua akun FB juga yang dilaporkan, akibat melakukan komentar di Group Taliabu Community yang diduga terindikasi pencemaran nama baik, yakni: akun @karimhasanlangkoeba dan @amirsinjai.

Penulis: HVD | YES