IBC, JAKARTA – Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berjalan dengan baik.

“Jadi dari 70 hari masa kampanye, sekarang sudah lewat 59 hari lagi, tinggal 11 hari lagi semua berjalan relatif baik, aman terkendali,” katanya melalui saluran Youtube Kemenko Polhukam di Jakarta, Senin (23/11/2020).

Mahfud menjelaskan ada pelanggaran protokol kesehatan (prokes) terjadi sebanyak 2,2 persen dari 73.500 even.

“Itu pelanggarannya kira-kira 1510 protokol kesehatan. Itupun yang kecil-kecil misalnya lupa pakai masker, jumlah di ruangan lebih 2 orang dan sebagainya. Senua sudah diperingatkan. Semua begitu diperingatkan langsung patuh sehingga tidak ada kasus yang kemudian menjadi berita, apalagi kerumunan di dalam keseluruhan proses pilkada sampai hari ini,” jelasnya.

Dirinya melanjutkan yang ditindak pidana diproses pidana, khusus untuk Pilkada ada 16 tindak pidana yang sekarang ini dalan proses penyelidikan dan penyidikan serta sudah dalam proses peradilan juga.

“Jadi jangan bilang kalau tidak ada tindakan, semua sudah ditindak dan yang melanggar protokol kesehatan diperingatkan langsung berubah kemydian juga ada yang masuk proses pudana dan sebagainya,” lanjut Mahfud tegas.

Selanjutnya Mahfud meminta dukungan kita semua dan masyarakat agar jalannya persiapan dan pelaksanaan Pilkada ini seperti sampai hari ini.

“Sampai hari ke-59. Tinggal 11 hari lagi. Mari kita jaga bersama dan jangan main-main kepada Paslon dan Tim Kampanyenya karena kalau melakukan pelanggaran protokol kesehatan akan kami tindak seperti yang lainnya bahkan sampai di diskulifikasi tergantung kapasitas pelanggarannya,” pintanya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga menyampaikan agar masyarakat diberi pemahaman untuk berpatisipasi dalam Pilkada.

“Kita juga mohon agar dibantu, masyarakat diberi pemahaman agar berpartisipasi dalan Pilkada ini karena 5 tahun memilih pemimpin ditentukan oleh pilihan mereka sendiri,” pungkas Mahfud.

Penulis : FA | YES