IBC, JAKARTA – Penangkapan serta ditetapkannya Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Koruosi (KPK) akan berdampak di Partai Gerindra.

“Saya nilai dengan ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo akan berdampak di kubu Gerindra dan pendukung pemerintah lainnya,” kata pengamat politik Political and Public Policy Studies Jerry Massie melalui keterangan tertulis keoada Redaksi IBC di Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Maenurut Jerry hal tersebut bisa saja terjadi dengan alasannya sederhana saja.

“Alasannya, sederhana saja, yang mana Edhy Prabowo merupakan anak emasnya Menhan sekaligus Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto bahkan tangan kanannya,” ungkapnya.

Jerry menyatakan dirinya sudah menduga dari awal ini terkait dengan ekspor benih lobster yang sempat dilarang Menteri sebelumnya.

“KPK mulai menancapkan gasnya jadi OTT seperti ini jangan dikendorkan jangan hanya pilih-pilih. Apa itu menteri dari PDI-P, Golkar atau partai lainnya tetap KPK konsisten dan menjaga kredibilitas dan konsitensi lembaga anti rasuah ini,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan aspek politis tetap akan berpengaruh dari penangkapan Menteri KKP ini ditangkap dengan istrinya, padahal Edhy sempat positif Covid-19 tapi masih bergerilya.

“Ini pelajaran terhadap menteri yang lain agar bersih dari korupsi. Biar tetap diingat istilah “Nama baik lebih berharga dari emas dan permata”,” ujar Jerry.

Selanjutnya Jerry menjelaskan dengan mundurnya Edhy Prabowo barangkali tetap akan sulit bagi Prabowo lantaran dia masih berencana maju pada perhelatan pilprea 2024 mendatang

“Paling tidak dia akan mencari alternatif pengganti bisa saja Sekjen Gerindra Ahmad Muzani atau Wqkil Ketua DPR RI Zufmi Dasco Ahmad,” jelasnya.

Bisa menggangu Gerindra pada pilpres 2024, menurut Jerry soalnya Menteri KKP bagian kunci partai Gerindra apalgi istrinya anggota DPR dari partainya Prabowo Subianto.

“Jadi, memang bisa berdampak pada elektabilitas partai jika memang ditetapkan oleh KPK. Saat ini masih menggunakan asas praduga tak bersalah,” pungkasnya.

Penulis : FA | YES