IBC, MEDAN – Kapolda Sumut Irjen Polisi Martuani Sormin menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Sabhara Polda Sumut dan jajaran T.A 2020 bertempat di Convention Hall Royal Sumatera Jalan Jamin Ginting Medan, Kamis (26/11/2020).

Irjen Polisi Martuani Sormin dalam kesempatan tersebut didampingi PJU Polda Sumut dimana kegiatan ini turut dihadiri para Kasat Sabhara 1 jajaran Polda Sumut serta personel Dit Samapta Polda Sumut.

Adapun tema yang diusung dalam Rakernis Fungsi Sabhara T.A 2020 “Meningkatkan Kemampuan dan Kesiapan Personil Dalam Menghadapi Pemilukada Serentak Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid-19 Guna Mewujudkan Kamtibmas yang Kondusif dan Masyarakat yang Semakin Produktif.

Martuani mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan, bimbingan dan semangat kepada jajaran fungsi Sabhara di Polda Sumut.

“Agar terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka memelihara Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Sumatera Utara,” kata Martuani dalam arahannya.

Dalam pengamanan aksi unjuk rasa, Martuan menyampaikani Polda Sumut berhasil mendapat apresiasi dari Bapak Kapolri atas dedikasi dan loyalitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat atas kegiatan penyampaian pendapat di muka umum oleh masyarakat.

“Tegaknya Negara ini karena TNI – Polri, oleh karena itu semangatlah dalam berdinas dan jangan pernah takut untuk bertindak dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polda Sumut”, ujarnya.

Selain itu ada 3 peran penting yang disampaikan Martuani kepada para perwira untuk menjadi seorang Komandan yang hebat, yakni menjadi seorang Pemimpin, orang tua dan menjadi sahabat sebagai simbol keakraban terhadap anggota.

“Jadilah Polisi yang memberikan pelindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, niscaya Tuhan akan memberikan apa yang kau butuhkan tepat waktu dan sesuai dengan keperluan pada dirimu dan juga keluargamu,” pesannya.

Dirinya menambahkan agar polisi jang mempersulit masyarakat dan jang berharap dapat imbalan dari masyarakat.

“Jangan pernah mempersulit masyarakat dan jangan berharap dapat imbalan dari masyarakat juga serta jangan meminta upah dari pekerjaanmu, namun bekerjalah dengan ikhlas dan jadikanlah tugasmu sebagai ladang ibadah,” ucap Martuani mengakhiri arahannya.

Penulis : Rudolf Tobing | YES