IBC, JAKARTA – Walikota Jakarta Pusat (Jakpus) Bayu Megantara dicopot dari jabatannya dan sebagai penggantinya ialah Wakil Walikota Jakpus Irwandi pun ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh).

Keputusan ini tertuang dalam surat bernomor 855/-082.74 ditandatangani oleh Penjabat Sekda DKI Sri Haryati pada 25 November 2020, berisi dua butir perintah yakni pertama, Irwandi ditugaskan untuk menjadi Plh Wali Kota Jakarta Pusat.

“Melaksanakan tugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Walikota Kota Administrasi Jakarta Pusat disamping jabatannya sebagai Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Pusat terhitung tanggal 25 November 2020 sampai dengan pejabar definitif melaksanakan tugas kembali,” bunyi surat tersebut seprti yang dikutip IBC di Jakarta, Sabtu (28/11/2020).

Pada butir kedua, Irwandi diingatkan bahwa Plh tidak memiliki kewenangan untuk dapat mengambil atau menetapkan keputusan dan atau yang bersifat strategis.

“Antara lain penetapan perubahan rencana strategis, rencana kerja pemerintah, dan perubahan status hukum kepegawaian seperti pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai,” lanjut bunyi surat tersebut.

Surat Perintah Tugas tentang pembebasan tugas sementara Walikota Jakarta Pusat. Foto : Ist

Pencopotan Bayu Meghantara disinyalir sebagai imbas dari kerumunan massa yang ditimbulkan oleh Rizieq Shihab di Petamburan pada 14 November lalu.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Aziz mencopot Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana serta Kapolres Metro Jakarta Pusat Heru Novianto terkait kegagalan dua pemimpin itu mencegah kerumunan yang ditimbulkan Rizieq.

Penulis : DS | YES