IBC, SUMSEL – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Provinsi Sumatera Selatan gelar Musyawarah Wilayah (Muswil) 27-29 November 2020 dengan mengusung tema Bersama Dekopin Baru Wujudkan Ekonomi Rakyat Yang Berdaulat di Asrama haji Palembang pada Sabtu (28/11/2020).

Ketua terpilih secara aklamasi Giri Ramanda N Kiemas mengatakan alhamdulillah sudah terpilih menjadi dalam muswil Provinsi Sumatera Selatan sebagai ketua wilayah harus mengurus formatur siapa saja yang menjadi pengurus.

“Semoga Dekopin wilayah Sumsel ini bisa menjadi pihak yang membantu pergerakan koperasi di Sumsel artinya koperasi-koperasi yang ada bagaimana berkembang dengan baik sebagai kapasitas pengurus maupun jumlah anggotanya bertambah banyak sebab koperasi yang dicita-citakan pendiri bangsa ini sebagai guru ekonomi Indonesia bisa terwujud,” ungkapnya saat diwawancara wartawan IBC Biro Palembang.

Wakil Ketua DORD Sunsel ini juga mengatakan mayoritas anggota koperasi ini merupakan sebagian besar dari kalangan UMKM jadi kita disinergikan karena ini merupakan tulang punggung ekonomi indonesia.

“Maka kita lakukan Pembinaan kepada koperasi yang ada bagaimana membuat koperasi ini bisa tumbuh dan berkembang,” ucap Giri.

Giri Ramanda juga menanggapi koperasi 4-6 yang ada dipasar-pasar artinya pinjam 4 dikembalikan 6 akan kita cek dulu bagaimana legalitas mereka, apakah mereka benar-benar koperasi karena secara lebelnya koperasi tapi secara legalitas mereka bukan koperasi.

“Kalau mereka koperasi mereka mendapat pendanaan dari pihak-pihak yang bunganya rendah sehingga tidak memberatkan anggotanya dan yang jelas koperasi tidak memberikan bunga yang tinggi kepada anggotanya,” jelasnya.

Terakhir dia menambahkan sebelum keluarnya undang-undang omnibus law anggota koperasi wajibnya 20 orang dan sekarang dengan keluarnya omnibus law hanya 9 orang, jadi kita menunggu peraturan koperasi dan UKMK bagaimana turunan dan penjabarannya karena omnibus law merupakan undang-undang induknya nanti semuanya diatur dengan perpres, permen atau kepmennya masing-masing.

“Bisa bersinergi antar dekopin tingkat daerah, tingkat wilayah dan tingkat pusat bagaimana berkoordinasi dengan koperasi-koperasi yang ada di Sumsel bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat,” tutup Giri.

Penulis : Zul | YES