IBC, MEDAN – Dalam kesempatan ini Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin beserta Pangdam I/BB,Mayjen TNI Hassanuddin, Dan Lantamal I Belawan, Wakapolda Sumut, Kabinda Provinsi Sumut, Ka BNNP Sumut, para PJU Kodam I/BB, Polda Sumut dan Pemprov Sumut dan seluruh peserta Apel Operasi Lilin Toba 2020, Senin (21/12/2020).

Apel gelar pasukan Ops Lilin Toba 2020 dimulai yang ditandai dengan penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara dan dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan pasukan oleh Gubernur Sumut, kemudian dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya operasi kepada 3 perwakilan instansi yang terlibat yaitu TNI, Polri dan Dishub.

Dalam kesempatan ini Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang menyampaikan puji syukur masih dapat melaksanakan apek operasi Lilin.

“Puji dan syukur pada saat ini masih bisa melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan akhir pengamanan menyambut perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia,” kata Edy.

Kemudian Kapolri melalui amanat yang disampaikan Edy turut menyampaikan ops lilin akan dilaksanakan selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

“Pelaksanaan pengamanan kali ini Polri telah menyiapkan pos pengaman dan pos pelayanan untuk melayani masyarakat selama pelaksanakn Ops Lilin Toba 2020,” lanjutnya.

Edy menyampaikan di masa pendemi ini harus saling peduli jangan sampai pelaksanaan Natal dan Tahun Baru malah menimbulkan cluster baru penyebaran covid -19.

“Beberapa penekanan Kapolri saat pelaksaan Ops Lilin 2020 yaitu siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, kemudian lakukan deteksi dini sebagai antisipasi mencegah aksi meresahkan masyarakat, meningkatkan kepekaan dan kewaspdaan serta kesiap siagaan antisipasi aksi teror serta kriminalitas yang memanfaatkan moment natal dan tahun baru,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan laksanakan pengaman secara profesional dan humanis dan persiapkan peralatan yang memadai serta tetap saling body sistem dengan rekan kerja selama pelaksanaan pengamanan.

“Berikan pelayanan yang humanis namun tegas dalam penegakan hukum, libatkan instansi lain dalam pelaksaan ops lilin agar pelaksanan berhasil sesui jadwal yang di tentukan,” kata Edy.

Di akhir amanatnya Edy mengatakan tetaplah jadi tauladan bagi keluarga dan rekan kerja.

“Jangan lupa terus menerapkan dan menghimbau masyakarat agar mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Penulis : Rudolf Tobing | YES