IBC, SURABAYA – Taman Baca Masyarakat Lentera (TBML) Surabaya Jawa Timur sambut malam tahun baru 2021 bersama sejumlah anak Jalan Tanah Merah Kecamatan Kenjeran Surabaya gelar acara dongeng, Kamis, (31/12/2020).

Dalam kegiatan tersebut panitia pelaksana turut menghadirkan Haris Rizki, pendongeng Nasioanal yang ahli mendongeng cerita anak anak.

Ketua Panitia penyelenggara Malam Tahun Baru 2021 Mega mengatakan,kegiatan memperingati malam tahun baru di masa pandemi Covid-19 kali ini pihaknya memilih program menghibur para anak-anak tingkat usia dini, mengingat juga masih belum aktifnya sekolah saat ini.

“Kita, pihak penyelenggara menggandeng Kak Harris untuk menghibur anak anak dengan penuh ceria lewat dongeng yang diperankan nantinya dapat hiburan dan keceriaan bagi anak-anak ini di tengah pandemi Covid-19,” katanya kepada IBC disela-sela acara.

Selanjutnya Mega menjelaskan dalam perayaan menjelang peringatan Malam Tahun Baru, ingin anak-anak bisa merayakan kebahagiaan menghadapi tahun 2021.

“Dalam peringatan Malam Tahun Baru ini kami ingin berbagi kebahagiaan walaupun kita masih dalam masa pandemi dan kami juga mengundang Harris dan Ayis dalam peringatan menjelang Malam Tahun Baru karena saya yakin Kak Harris adalah pendongeng anak yang sudah pernah tampil di seluruh Indonesia dan disenangi oleh anak-anak,” jelasnya.

Dalam penampilan Kak Harris, dengan sahabatnya boneka Ayis sejumlah anak yang ikut hadir cukup terhibur.

“Saya sangat senang sekali bisa menghibur anak-anak di masa pandemi dan perayaan menjelang Malam Tahun Baru supaya anak-anak itu senang dan bahagia memasuki Tahun Baru:,” jelas Kak Harris panggilan akrab Harrris Rizki sebelum mendongeng.

Selama masa pandemi saat ini tentu semua pihak harus memperhatikan hal ini terutama terhadap anak usia dini, kenapa ini harus dilakukan karena melihat aktifitas keceriaan anak itu semakin menurun akibat aktifitas belajar mengajar anak disekolah tidak normal srlama pandemi ini.

“Adalah generasi penerus yang butuh diperhatikan dengan keceriaan dan kebahagiaan anak. Maka dalam kegiatan mendongeng kali ini kak Harris dan Ayis sengaja menggunakan kostum Hanuman karena sosok hanuman di dalam dunia pewayangan adalah seekor kera yang pemberani untuk menghadapi semua tantangan maupun musuh untuk menyejahterakan dan menyelamatkan rakyatnya,” tutur Mega.

Cerita yang akan dibawakan Harris dan Ayis adalah sosok anak yang putus asa dengan dijauhi teman-temannya dengan segala kekurangan pada tubuhnya tetapi orang tua selalu membantu dan memsupport anaknya supaya bisa bangga dan bersyukur dengan apa yang mereka miliki untuk bisa tetap berbuat baik kepada sesama.

Dengan mentaati nasehat orang tuanya akhirnya anak tersebut membantu temannya yang kesusahan sehingga sering membantu teman yang sedang kesusahan akhirnya mereka mempunyai banyak teman.

Cerita ini diangkat karena kak Harris ingin anak-anak Indonesia harus banyak bersyukur, semangat walaupun pandemi di Indonesia ini belum berakhir.

“Amira salah satu siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) kelas 5 sangat bangga dalam peringatan menjelang malam tahun baru ini ada hiburan cerita dari Kak Harris dan Ayis karena cerita-cerita dari Kak Harris sangat bagus dan lucu bisa membuat kita pandai beryukur,” pungkas Mega.

Penulis : FA | YES