IBC, PEKANBARU – Kontrak kerja antara pihak ketiga, PT. Godang Tua Jaya dan PT. Samhana Indah dengan Pemko Pekanbaru dikabarkan berakhir pada Desember lalu. Kadis DLHK Pekanbaru, Agus Pramono mengatakan, pihaknya saat ini sedang menunggu proses lelang untuk menunjuk perusahaan pengangkut sampah.

Jelang proses lelang tersebut, DLHK Pekanbaru mengatakan dalam hal pengangkutan sampah sementara ini dilakukan secara swakelola oleh pihaknya sendiri.

“Kondisi pengangkutan sampah mulai 1 januari 2021 di lakukan secara swakelola oleh DLHK. Pengangkutan di jalan-jalan, terutama di jalan protokol dan tempat-tempat badan usaha, dilakukan oleh DLHK,” kata Agus Pramono melalui pesan singkat yang diterima IBC Biro Riau pada Minggu (3/1/2021) malam.

Agus menambahkan, untuk sampah-sampah dilingkungan masyarakat, sementara ini diharapkannya bisa membuang langsung secara mandiri ke tempat pembuangan akhir (TPA) Muara Pajar.

“Sesuai rapat dengan Forum komunikasi RT-RW, dilakukan oleh warga secara mandiri. Pengangkutan sampah pada prinsipnya DLHK bertanggung jawab untuk mengangkutnya di seluruh wilayah pekanbaru, namun dengan keterbatasan kendaraan angkutan, sehingga mengalami keterlambatan,” tambahnya menjelaskan.

Dirinya juga meyakinkan perusahaan pemenang tender tersebut akan segera diputuskan pada bulan Januari ini.

“Saat ini proses lelang sedang berlangsung disistem Layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) kota Pekanbaru, Mudah-mudahan bulan Januari ini sudah ada pemenang lelang pengangkutan sampah,” ujar Agus meyakinkan publik.

Penulis : Faisal | YES