IBC, PELALAWAN – Petugas keamanan atau security di perusahaan kebun kelapa sawit yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan, Riau, terlihat memiliki seragam baru berwarna coklat, persis layaknya pakaian resmi anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Seragam mirip polisi tersebut merupakan pakaian baru bagi seluruh anggota keamanan atau security, yang secara serentak diberlakukan di seluruh Indonesia.

Salah satu petugas security diperusahaan PT. Adei Plantation mengatakan bahwa seragam yang diklime mirip baju dinas Polisi itu merupakan seragam resmi mereka yang baru.

“Iya Bang, ini seragam baru kami sekarang, security kontrak (Outsourcing) saja yang seragamnya seperti ini bang,” jelas seorang security kepada IBC Biro Pelalawan melalui What’sApp, Senin (4/1/2021) sore.

Ada sebanyak 55 orang security di perusahaan tersebut yang berstatus kontrak alias outsourcing, yang katanya akan mengenakan seragam anyar tersebut ditahun 2021 ini.

Pengamat Hukum dan HAM, Haris Azhar seperti dikutip dari situs warta ekonomi.co.id, disitu ia mengkritik kebijakan Kapolri, Idham Azis atas Perkap Polri nomor 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa terkait seragam Satpam alias Satuan pengamanan yang mirip Polisi.

“Menurut saya ini konyol, kalau misalnya mengganti seragam satpam dengan coklat. Yang penting diperbaiki dari satpam itu kualitas, skill-nya, dan kapasitasnya,” kata Haris seperti yang dikutip dari situs warta ekonomi.co.id.

Humas PT. Adei, Budi Simanjuntak, ketika dikonfirmasi terkait seragam baru Satpam diperusahaan tempatnya bekerja, tidak membantah akan penggunaan seragam baru tersebut yang disebut mirip Polisi.

“Itu Outsourcing bang,” jawab Budi singkat.

Namun belum ada keterangan resmi dari pihak perusahaan outsourcing security tersebut, kapan pakaian baru tersebut mulai dikenakan. Nomor telepon yang diterima IBC tidak dapat dihubungi hingga berita ini terbit.

Penulis : Faisal | YES