IBC, PEKANBARU – Pemetintahan Provinsi (Pemprov) Riau dikabarkan gelontorkan dana sekitar Rp100 miliyar guna pemugaran Markas Komando Resort Militer (KOREM 031 Wirabima) melalui dana hibah Pemprov pada tahun 2021 ini.

Pelaksanaan yang direncanakan pada tahun lalu itu sempat tertunda disebabkan masih dalam kondisi wabah Covid 19. Pemerintah pusat pada saat itu meminta seluruh pemerintah daerah memfokuskan anggaran untuk penanganan Covid-19.

Sebelum penganggaran pembangunan markas baru Korem 031 Wirabima, Pemprov Riau sudah melakukan hal serupa untuk dua instansi vertikal lainya; markas baru Polda Riau dan pemugaran gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati Riau).

Pemprov menggelontorkan dana sebesar Rp172 miliar pada tahun anggaran 2019 untuk kantor baru Polda Riau, Sedangkan jumlah dana yang dialokasikan untuk pembangunan gedung baru Kejati Riau senilai Rp129 miliar.

Penggiat Lingkungan dan Sosial PATAR, Kuswanto menyayangkan sikap Pemprov Riau yang menurutnya terlalu bersemangat untuk penganggaran fisik.

“Pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau saat ini alami penurunan, kuartal II/2020 turun 3,22 persen dibanding triwulan II/2019, dampak dari Pandemik setahun belakangan ini sangat berdampak sekali kepada perekonomian masyarakat kita,” kata Wanto kepada IBC Riau, Senin (4/1/2021).

Menurutnya pihak Pemprov harus menahan diri untuk pengerjaan fisik hingga kondisi saat ini membaik. Perhatikan skala prioritas yang mana kebutuhan paling urgensi.

“Pada prinsipnya kita mendukung pembangunan Markas (Korem 031Wirabima-red) sebagai penguatan kelembagaan TNI kita, namun apakah tidak lebih bijak jika anggaran sebesar itu kita alihkan dulu untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan kesehatan,” ujarnya lagi.

Kadis PU Provinsi Riau,Taufiq membenarkan pihaknya telah menganggarkan untuk pembangunan Markas Korem tersebut di tahun anggaran 2021.

“Iya kita sudah anggarkan untuk pembangunan Korem TA 2021 sebesar Rp 92 milyar,” kata Taufiq melalui What’sApp, Selasa (5/1/2021).

Penulis : Faisal | YES