IBC, Tuban – Karang Taruna Tunas Muda Kedungsoko Kecamatan Plumpang menggelar pelatihan las bagi para pemuda desa setempat. Kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan program Katar tahun 2021 dengan tujuan memberikan keterampilan bagi anggota dan anak-anak muda.  

Ketua Katar Kedungsoko, Untung Nusantara, menyampaikan bahwa dengan mengikuti pelatihan las tersebut, generasi muda dapat bertahan dari gempuran pandemi Covid-19.

“pelatihan Pelatihan ini diadakan bagi pemuda Desa Keduangoko agar nantinya mampu mandiri secara ekonomi,” ujar dia Balai Desa Kedungsoko, Minggu (17/1).

Untung menuturkan, para pemuda Kedungsoko saat ini banyak yang tidak bekerja karena terdampak pandemi. Oleh sebab itu, pihaknya berinisiatif untuk segera melakukan program pelatihan tersebut.

“Peserta berjumlah 20 pemuda yang latar belakangnya tidak memiliki pekerjaan tetap, sehingga kami berinisiatif memberikan pelatihan ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, pelaksaan kegiatan ini merupakan langkah awal Katar Kedungsoko dalam membangun kelompok kerja pemuda. Ke depan, pihaknya juga akan segera membentuk koperasi pemuda.

“Ini untuk mewadahi keterampilan-keterampilan pemuda Kedungsoko yang tertarik untuk bekerja di sektor lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Ihsan, mengatakan bahwa biaya kegiatan pelatihan ini berasal dari swadaya anggota dan sumbangan dari masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap masa depan generasi muda.

“Biaya kami peroleh dari hasil swadaya dan sumbangan masyarakat umum, jadi ini murni kegiatan gotong royong,” pungkasnya.

Penulis: MH|Editor: HK