IBC, MEDAN – Ruas jalan Setia Budi Medan, Kecamatan Medan Tuntungan, Sumatera Utara (Sumut) terpantau mengalami kerusakan dan ada banyak lubang menganga, Kamis (21/1/2020).

Kerusakan jalan terlihat mulai dari Simpang Selayang hingga Simpang Pemda, terlihat lumayan parah dan memanjang cukup jauh. Di beberapa titik terlihat jalan berlubang dengan diameter lumayan besar.

Kondisi jalan rusak ini tentu sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Para pengendara mesti ekstra hati-hati mengatur laju kendaraan mereka agar tidak terjerembab masuk kedalam lubang.

Di titik lain, lubang yang timbul jumlahnya lebih banyak, diameternya juga lebih besar. Ada juga bagian aspal yang mengelupas dengan kondisi memanjang. Jika terus dibiarkan, kondisi ini tentu sangat membahayakan. Bukan mustahil menimbulkan jatuhnya korban.

Ginting, salah satu pengguna jalan yang setiap hari melalui Jalan Setia Budi Medan mengungkapkan kerusakan di jalan itu cukup membahayakan.

Pada siang hari, kerusakan masih terlihat jelas sehingga bisa dengan mudah dihindari. Tapi kondisinya berbeda saat malam hari. Kerusakan jalan, terutama saat turun hujan, tidak lagi terlihat mengingat penerangan di sekitar lokasi juga tidak terlalu baik.

“Kerusakan di jalur cepat, sangat membahayakan terutama bagi roda 2 yang melintas. Bila tidak hati-hati bisa celaka,” katanya.

Beberapa lubang lumayan dalam terlihat menganga di tengah jalan. Bila dihantam roda 2 dengan kecepatan tinggi, bisa dipastikan kendaraan bakal oleng. 

Dirinya berharap, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera melakukan perbaikan jalan berlubang tersebut sebelum terjadi korban jiwa.

“Kondisi jalan tersebut sudah sangat rawan, udah sering koban terjerembab kelubang. Jangan menunggu korban berikutnya. Segera lakukan perbaikan,” katanya.

Penulis : Rudolf Tobing | YES