IBC, TALIABU – Terhentinya proyek pembangunan tanggul di Desa Pencado Taliabu Selatan, disebabkan anggaran hinggap di Keuangan Daerah Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu, Sutomo Teapon mengakui, mogoknya pembangunan Tanggul diakibatkan anggaran tak cair.

“Anggaran pembangunan Tanggul di Desa Pencado ada di Keuangan Daerah (BPKPAD) Kabupaten Pulau Taliabu belum di cairkan,” ungkap Sutomo pada wartawan, Senin (25/1/2021) kemarin.

Sutomo menambahkan, terkait pembangunan tanggul tersebut semestinya berurusan dengan pihak Keuangan.

“Jika pekerjaan tanggul di desa pencado kecamatan taliabu selatan tidak selesai itu bukan urusan saya, urusan keuangan jadi konfirmasinya ke keuangan,” tambahnya.

Dalam amatan positifnya soal anggaran yang tidak cair, Sutomo menjelaskan kemungkinkan dialihkan ke kebutuhan Pemerintah Daerah yang lain.

“Mungkin ada kekurangan-kekurangan yang harus diselesaikan di Kantor Bupati atau Pemda, yang penting anggaran untuk pembangunan Tanggul tidak keluar dari Pemda. Bukan karena uangnya sudah keluar dari Pemda terus pekerjaan tidak selesai,” terangnya.

Lebih lanjut dirinya menyanpaikan ini bisa jadi polemik jikalau anggaran telah disalurkan 100% dan tidak terealisasikan.

“Intinya anggaran buat pembangunan Tanggul di Desa Pencado belum dicairkan, terus jika uangnya sudah dicairkan dan pekerjaan tidak selesai itu wajar dipertanyakan,” tutur Sutomo.

Penulis : HVD | YES