IBC, TALIABU – Sebanyak 13 titik wifi berbasis wifi station yang diberikan gratis khusus ke Ibu Kota Bobong Pulau Taliabu, hingga kini belum direalisasikan.

Padahal, hal tersebut telah disepakati melalui teken kerjasama antara Pemerintah Daerah Pulau Taliabu bersama Telkom Ternate Maluku Utara.

Pasalnya, wifi berbasis Station ini yang seharusnya telah di manifestasi pada 30 November 2020 kemarin, hingga kini Telkom diduga bungkam penyelesaiannya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pulau Taliabu, Gaffarudin membenarkan sebanyak 13 wifi gratis yang bakal di pasok ke Bobong Pulau Taliabu.

“Jaringan ini di kasih gratis oleh Telkom, berkat kerjasama kami dengan Telkom. Dan saya yakin kan bahwa jika Telkom mampu buka jalur Station di Bobong, pelanggan pasti banyak,” kata Gaffarudin pada wartawan melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (26/1/2021).

Selain itu, Gaffarudin mengakui, pihaknya sudah melakukan koordinasi berungkali ke pihak Telkom.

“Telkom ini juga janji tidak ditepati. Sudah berapa saya kritik mereka tapi belum ada respon juga,” imbuhnya.

Gaffarudin menambahkan, pengadaan wifi tersebut, sebenarnya telah disalurkan ke Taliabu sejak tahun 2020 kemarin.

Namun dirinya menjelaskan ada kendala yang disampaikan oleh pihak Telkom sehingga belum terwujudkan.

“Realisasinya (Wifi) belum pasti, karena menurut mereka bahwa teknisi wifi station untuk Maluku Utara belum ada dan perlu dilatih dulu,” ujarnya sesuai pernyataan dari pihak Telkom.

Masalah yang mendesak bagi Kominfo Taliabu bahwa, hal ini telah disepakati melalui perjanjian kersama.

“Persoalannya wifi gratis ini dituangkan melalui perjanjian di atas materai 6.000, diperjanjiannya dengan Telkom begitu, kami tidak tau nanti Telkom mampu atau tidak, kalau tidak mampu harusnya kontrak itu mereka (Telkom) rubah,” terangnya.

Hingga begitu, Gaffarudin berharap agar secepatnya paket yang dimaksud segera dilaksanakan.

“Harapan kami, agar wifi gratis ini bisa dipasang secepatnya supaya bisa dinikmati masyarakat Ibu Kota Bobong Pulau Taliabu,” harapnya.

Penulis : HVD | YES