IBC, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertekad menjadi Polri tegas namun tetap humanis. Hal ini diungkapkan sesuai acara pelantikan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Listyo dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Joko Widodo. Dia menjadi Kapolri ke-25 menggantikan Jenderal Idham Aziz yang memasuki masa pensiun pada akhir Januari 2021.

“Ke depan kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri, tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis,” katanya, Rabu (27/1/2021).

Selanjutnya Listyo menjelaskan selama menjabat akan menampilkan sosok Polri yang mampu memberikan pelayanan publik secara transparan dan menerapkan penegakan hukum secara berkeadilan.

“Menjadi komitmen kami untuk bagaimana harapan masyaraka tergadap polri betul-betul bisa kami tindaklanjuti sebagaimana yang kami tuangkan di dalam rencana kami untuk melaksanakan transportasi di 4 bidang dan nanti kita laksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan,” jelasnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari masyarakat, sesepuh, para senior dan seluruh anggota Polri.

“Karena itu kami ucapkan terima kasih atas dukungan dari masyarakat, sesepuh, para senior dan juga seluruh anggota Polri di manapun berada atas terlaksanakanya pelantikan hari ini,” ucap Listyo.

Mantan ajudan Presiden Jokowi ini mengaku turut terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19. Polri kata dia akan meneruskan upaya penegakan disiplin protokol kesehatan di masyarakat.

“Dan bagaimana Polri mengawal pertumbuhan ekonomi nasional sehingga kita semua bisa terlepas dari semua situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali bertumbuh dan tentunya itu semua bisa terlaksana apabila stabilitas Kamtibmas semuanya berjalan aman lancar dan baik,” ujarnya.

Sebelumnya Presiden pada Rabu (13/01/2021), mengajukan nama Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebagai calon tunggal Kapolri melalui Surpres nomor R-02/Pres/01/2021 yang disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR.

DPR kemudian melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, Rabu (20/01/2021). Selanjutnya, melalui Rapat Paripurna pada Kamis (21/01/2021), DPR menyetujui calon tunggal yang diajukan Presiden tersebut.

Ketua DPR Puan Maharani dalam surat persetujuannya yang disampaikan kepada Presiden menyebutkan, Rapat Paripurna DPR RI tanggal 21 Januari 2021 telah menyetujui laporan Komisi III DPR RI untuk mengangkat Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Penulis : DS | YES