IBC, SUMSEL –Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Kota Palembang gelar rapat pembinaan kepala sekolah swasta Kota Palembang oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumsel dengan tema “Semoga Sekolah Swasta Makin Maju” di Aula SMA IGM Palembang, Jum’at (29/1/2021).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadiisdik) Provinsi Sumsel Reza Fahlevi mengatakan keluhan-keluhan oleh Kepala SMA sekolah swasta dengan rendahnya minat siswa ingin masuk ke SMA swasta sudah relatif dan tidak semata-mata salah apa yang diduga tapi yang terpenting silahtuhrami dengan intropeksi diri dari pihak sekolahnya sendiri.

“Sudah saya berikan kiat-kiatnya bagaimana cara profil sekolahnya, penampilan sekolah, pelayanan sekolah, serta prestasi sekolah dan jika ini sudah ada maka dengan sendirinya orang tua siswa memasukkan anaknya sekolah diswasta,” ujarnya.

Kemudian Reza menjelaskan tujuan rapat hari ini menyenergikan dan meningkatkan kualitas pendidikan serta menurunkan kemiskinan karena tidak ada perbedaan antara sekolah SMA swasta dengan negeri

“Mereka diberi BOS, diberi program gratis sama dengan SMA negeri dan tinggal bagaimana cara yayasannya mengelola untuk kebutuhan sekolah mudah-mudahan meningkatkan kualitas sekolah itu,” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua K3S SMA swasta Adel Fahrial juga mengatakan rapat hari ini membahas untuk menyukseskan visi misi gubernur, SMA swasta maju bersama untuk sukses semua, Nomor Urut Kepala Sekolah (NUKS) dan mengenai belajar dua shift yang akan dilaksanankan oleh SMA negeri sudah kita usulkan ke Kadisdik Sumsel.

“Kami tahu kadisdik sekarang dimana sebelumnya menjabat kadisdik Kota Palembang cukup eksis karena beliau orang lapangan yang peduli dengan sekolah-sekolah swasta dan juga memberikan bimbingan dan nasehat yang cukup baik,” ungkap Adel.

Terakhir Adel menambahkan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA swasta yang dikeluhkan karena kekurangan jumlah murid dimana jumlah murid SMA swasta jauh lebih sedikit dibandingkan SMA negeri.

“Maka kami harapakan jangan lagi SMA negeri itu menerima murid baru berlebihan dan harus menyeimbangkan jumlah guru dengan jumlah murid serta SMA swasta ini sudah menghimbau untuk koreksi diri apa yang disampaikan Kadisdik oleh kedisplinan guru dan bagaimana cara memoleskan sekolah kita untuk lebih baik lagi,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES