IBC, SUMSEL – Apresiasi yang setinggi- tingginya diucapkan relawan-relawan peduli Covid-19 kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) khususnya Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) berkaitan dengan komitmennya dalam berjuang melawan Covid-19 di Sumsel bukan hanya sebatas penegakan Protokol Kesehatan (prokes), namun sudah sampai pada pelaksanaan donor plasma konvalesen yang merupakan salah satu teknologi kedokteran yang digunakan dalam melawan Covid-19.

Menurut Kordinator Relawan Gemass Lacona (RGL) Andreas berdasarkan beberapa literatur kesehatan menyebutkan bahwa terapi plasma konvalesen diberikan dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh yang kaya dengan antibodi poliklonal, yang ditransfusikan kepada pasien Covid-19.

“Sebagai salah satu upaya pemberian terapi imun pasif dengan segera, salah satunya hal ini telah dilakukan oleh anggota Kepolisian Republik Indonesia atas nama Aiptu Asmuni dari kesatuan Intelkam Polda Sumsel, dimana Aiptu Asmuni menjadi orang pertama dijajaran Polda Sumsel yang menjadi pasien pendonor plasma konvalesen,” ucapnya saat diwawancara wartawan IBC diseketariat Relawan Gemass Lacona Palembang, Senin (1/2/2021).

Sementara itu, Rizky Pratama dari relawan Covid-19 Sumsel memberikan apresiasi yang tinggi kepada Aiptu Asmuni atas pengabdianya yang telah bersedia menjadi pasien donor plasma konvalesen.

“Semoga ini menjadi triger bagi seluruh anggota kepolisian lainya untuk mengikuti jejaknya, serta mendorong semakin luasnya partisipasi para korban penderita Covid-19 untuk gotong royong melawan Covid-19,” kata Rizky.

Rizky juga mengungkapkan dengan semakin meluasnya para pendonor sukarela plasma konvalesen diharapkan ini menjadi metode pengobatan altenatif diluar metode vaksin.

“Dengan harapan dapat menurukan angka pasien Covid-19 di Sumsel, selain melalui penetapan prokes dalam setiap kegiatan namun juga sudah bergeser pada penerapan ilmu kedokteran baru soal Covid-19,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Gemass Lacona dan Relawan Covid-19 Sumsel sebagai bagian perwakilan warga Sumsel memberikan dukungan moral serta apresiasi yang setinggi- tingginya kepada jajaran Kepolisian, khususnya Kapolda Sumsel yang telah mendukung Aiptu Asmuni dalam donor plasma ini.

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi perkembangan teknologi penyembuhan Covid-19 dan perkembangan ilmu pengetahuan kedepannya,” jelas Rizky.

Terakhir Rizky berharap, kegiatan donor plasma konvalesen yang dipelopori oleh salah satu anggota Polda Sumsel, menunjukan bahwa Polda Sumsel menjadi salah satu pelopor.

“Saya berharap ini menjadi contoh bagi instansi lainya, untuk bersama- sama berperan aktif dalam kegiatan donor plasma nantinya, dan kegiatan donor ini dapat dilakukan Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES